Advertisement

Jadi Pesepak Bola Terkaya Sejagat, Ini Sumber Kekayaan Cristiano Ronaldo

Annisa Sulistyo Rini
Sabtu, 25 September 2021 - 10:57 WIB
Nina Atmasari
Jadi Pesepak Bola Terkaya Sejagat, Ini Sumber Kekayaan Cristiano Ronaldo Pemain Manchester United, Cristiano Ronaldo - Twitter Man Utd

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pemain Manchester United Cristiano Ronaldo telah dinobatkan sebagai pesepak bola terkaya sedunia tahun ini versi Forbes.

Pada Selasa (21/9/2021), Forbes mengumumkan total pendapatan pemain bola asal Portugal itu senilai US$125 juta atau setara Rp1,78 triliun (asumsi kurs Rp14.250 per US$). Angka ini mengalahkan Lionel Messi dengan total pendapatan US$110 juta atau sekitar Rp1,56 triliun.

Advertisement

Dilansir Forbes, belum genap satu hari kabar bahwa Cristiano Ronaldo pindah dari Juventus ke MU, striker kawakan itu telah menjadi bestselling player di situs merchandise olahraga Fanatics.

Baca juga: Pengin Melancong ke Korea Selatan, Berapa Biaya yang Harus Disiapkan?

Dia menduduki puncak penjualan pemain top lainnya yang telah berpindah klub dalam beberapa tahun terakhir, termasuk Tom Brady dari NFL pada 2020, pemain NBA LeBron James pada 2018, dan Bryce Harper dari MLB pada tahun 2019.

Namun, bisa dikatakan 'kemenangan' termanis CR7 adalah mengalahkan rivalnya Lionel Messi, yang berada di peringkat kedua, dalam daftar pesepak bola terkaya. Messi telah mengumumkan kepindahannya ke PSG dari Barcelona beberapa minggu sebelum Ronaldo berpindah klub.

Kepopuleran Ronaldo di dunia maya juga membantunya merebut kembali posisi teratas pada peringkat Forbes tahun ini. Sebagaimana diketahui, pemain berusia 36 tahun ini memiliki setengah miliar pengikut di dunia maya, terdiri dari Facebook 149 juta, Instagram 344 juta, dan Twitter 94,3 juta.

Baca juga: Terancam Menghilang dari Muka Bumi, 8 Tempat Ini Layak Dikunjungi

Ronaldo diperkirakan mengantongi US$125 juta sebelum pajak pada musim 2021-2022 dengan US$70 juta berasal dari gaji dan bonus untuk kepulangannya di MU, di mana pada 2003-2009 dia menyumbang 3 gelar Premier League berturut-turut dan satu gelar piala Champions.

Selain itu, pundi kekayaan Ronaldo berasal dari endorsement personal dan kerja sama dengan beberapa merek terkenal, termasuk Nike, Herbalife, Clear, dan brandnya CR7 dengan produk seperti parfum, pakaian dalam, kacamata, hotel, gym, dan masih banyak lagi.

Tercatat, hanya tiga atlet aktif lainnya yang menghasilkan lebih banyak secara komersial, yaitu Roger Federer (U$90 juta), LeBron James (U$65 juta), dan Tiger Woods (U$60 juta)

Namun, saat ini permainan Ronaldo tidak menunjukkan tanda-tanda melambat dan masih banyak mengungguli banyak lawannya di Eropa, yang sebagian besar lebih muda 10 tahun darinya.

Saat laga perdana kembalinya dia ke MU, dia berhasil menggolkan 2 kali dan sekarang mencatatkan 4 gol dalam 3 pertandingan Premier League.

Adapun, selain Ronaldo dan Messi di peringat pertama dan kedua, ada pula Neymar Jr. di peringkat ketiga dengan pendapatan senilai US$95 juta.

Menyusul di posisi keempat ada Kylian Mbappe dengan total pendapatan US$43 juta dan Mohamed Salah di posisi kelima dengan pendapatan total US$41 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Forbes

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement