Advertisement

Simak! Sejarah Biliard dan Aturan Permainannya

Setyo Puji Santoso
Sabtu, 20 November 2021 - 22:17 WIB
Sunartono
Simak! Sejarah Biliard dan Aturan Permainannya Turnamen billiard - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO - Bola sodok atau bilard merupakan salah satu cabang olahraga yang telah diakui dunia. Namun demikian, asal-usul permainan biliard sendiri hingga saat ini belum diketahui secara pasti.

Sejumlah sumber ada yang menerangkan bahwa permainan ini berasal dari Italia, Spanyol, dan Tiongkok. Tapi, dalam literasi lainnya juga ada yang menyebut cabang olahraga ini berasal dari Eropa Timur dan Perancis pada abad ke-15.

Advertisement

Dilansir dari laman POBSI, kata billiard sendiri diperkirakan berasal dari kata “billart” yang berarti tongkat kayu atau “bille” yang berarti bola.

Pada awalnya, permainan ini dimainkan dengan dua bola pada meja yang berkantong enam dan gawang seperti dalam permainan Croquet ( kriket ) dengan menggunakan tongkat lurus sebagai sasaran pantul.
Memasuki abad ke-18, gawang dan tongkat sasaran pun tidak lagi digunakan, hanya tinggal bola – bola dan kantong – kantongnya saja.

Pada tahun 1675 biliard populer di Inggris. Dan tahun itu pula diterbitkan buku peraturan biliard.

Selanjutnya billiard dipopulerkan sebagai olahraga scientific oleh Captain Mingaud, seorang tahanan politik pemerintah ketika terjadi revolusi perancis.

Sedangkan masuknya olahraga billiard di kawasan Asia, termasuk Indonesia tidak terlepas dari sejarah penjajahan yang dilakukan negara-negara Eropa pada saat itu.

Mereka (penjajah) membawa “kebiasaannya” tersebut yaitu bermain billiard ke lingkungan tempat mereka menjajah, diantaranya Indonesia, Philipina dan negara Asia lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Raih MURI, Kini Habbie Memenangkan Penghargaan Indonesia Brand Champion 2023

News
| Jum'at, 27 Januari 2023, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lava Bantal, Destinasi yang Dahulu Hanya Jadi Objek Penelitian Mahasiswa

Wisata
| Jum'at, 27 Januari 2023, 11:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement