Advertisement

Songsong Porda DIY 2022, Atletik Jogja Genjot Fisik dan Mental

Yosef Leon
Minggu, 10 April 2022 - 17:07 WIB
Arief Junianto
Songsong Porda DIY 2022, Atletik Jogja Genjot Fisik dan Mental Para atlet MAC berlatih rutin dalam persiapan Porda XVI DIY di Stadion Mandala Krida, Minggu (10/4/2022). - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Sejumlah atlet pada cabang olahraga (cabor) atletik perwakilan Kota Jogja tengah mempersiapkan fisik dan mental untuk berlaga pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI DIY yang digelar pada September mendatang.

Para atlet cabor atletik yang juga tergabung dalam Mandala Athletics Club (MAC) Jogja tersebut kini rutin menyelenggarakan latihan sebanyak empat kali dalam sepekan. Hal ini diharapkan mampu meningkatkan persiapan atlet untuk menghadapi perwakilan dari wilayah lain.

Advertisement

BACA JUGA: Ini Dia Keunikan Gending Gati Dirgantara, Kado Sultan kepada HUT TNI AU

Asisten pelatih MAC, Ednanda Brian Purnama mengatakan, wadah latihan ini dulunya didirikan oleh mantan atlet lompat tinggi yakni Eka Yunianta pada tahun 2000. Sampai saat ini MAC telah menjadi tempat bagi para atlet usia dini dan muda untuk mengembangkan bakat mereka.

Ednanda menyampaikan, untuk penyelenggaraan Porda XVI mendatang pihaknya mengirimkan tiga atlet pada cabor atletik yakni masing-masing pada lempar cakram, tolak peluru, dan juga lari estafet. Pihaknya menargetkan akan membawa pulang satu medali emas.

"Tidak muluk-muluk satu emas saja sudah senang," katanya, Minggu (10/4/2022).

BACA JUGA: Otopet Dilarang, Paguyuban: Banyak Orang Kehilangan Pekerjaan

Menurut dia, pada Porda sebelumnya pihaknya berhasil membawa pulang enam medali dengan dua di antaranya emas. Saat itu Kota Jogja memang menjadi tuan rumah. Pada tahun ini, target agak diturunkan karena sempat terkendala dengan tempat latihan akibat pandemi Covid-19.

"Dulu sempat di lapangan Macasan tapi sekarang sudah reguler di Mandala Krida," ungkap dia.

Berkaitan dengan persiapan, latihan fisik dan mental kepada para atlet yang akan berlaga saat ini terus dimaksimalkan. Misalnya saja pada cabor lempar cakram yang dikenal susah berkaitan dengan teknik pemosisian. Pihaknya akan coba untuk fokus pada hal itu.

"Latihan rutin tetap terus dilaksanakan dan juga latihan teknik. Karena pandemi juga kami jadi sempat terkendala proses latihan. Persiapannya bisa dibilang tidak sampai sebulan penuh," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jumlah Aliran Dana ke Tersangka Kasus Timah Masih Ditutup Kejagung, Ini Alasannya

News
| Kamis, 30 Mei 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas Mekar Setinggi 3,4 Meter

Wisata
| Minggu, 26 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement