Advertisement

Deretan Olahraga yang Tetap Bisa Dilakukan di Musim Hujan

Newswire
Selasa, 25 Oktober 2022 - 03:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Deretan Olahraga yang Tetap Bisa Dilakukan di Musim Hujan Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Meski cuaca dingin saat musim hujan, ada sejumlah olahraga yang tetap bisa dilakukan di rumah saja.

Saat musim hujan, cuaca dingin membuat orang malas berolahraga. Selain cuacanya cocok untuk tidur, hujan membuat jalanan basah dan lapangan becek. Meski begitu, setiap orang tetap perlu beraktivitas fisik saat musim hujan agar kondisi tubuh tetap fit.

Advertisement

Lantas, olahraga apa yang cocok dilakukan saat musim hujan? Berikut deretan olahraga pilihan yang bisa dilakukan di musim hujan seperti dikutip dari Solopos.com, Selasa (25/10/2022).

1. Treadmill

Joging dan lari adalah olahraga yang banyak digemari. Pada umumnya, olahraga ini dilakukan di luar ruangan. Namun, saat cuaca sedang tidak memungkinkan, Anda bisa menggunakan treadmill di rumah atau di tempat gym.

Olahraga joging sangat ideal sebagai latihan saat pemanasan atau sebelum bekerja. Kalori yang terbakar saat joging selama 30 menit adalah sekitar 215 kalori.

2. Aerobik

Aerobik adalah salah satu bentuk olahraga yang menggunakan musik dalam latihannya, sehingga asyik untuk dilakukan. Aerobik biasa dilakukan di dalam ruangan dengan mengikuti ritme musik. Olahraga ini cukup membuat lelah karena gerakannya tanpa henti dan mengikuti ketukan musik seperti menari. Selain menyenangkan, aerobik bermanfaat untuk menurunkan berat badan serta mengencangkan otot.

3. Skiping

Skiping membantu meningkatkan kebugaran saluran napas, fleksibilitas, dan koordinasi otot-otot tubuh. Skiping bisa berdampak positif pada tinggi badan, membantu proses penurunan berat badan, serta menguatkan otot dan tulang. Melakukan skiping selama satu jam dapat membakar 560 kalori.

4. Plank

Latihan plank tidak memerlukan tempat khusus dan dapat dilakukan di mana saja. Posisi plank hampir mirip posisi push up, bedanya Anda harus menahan posisi dengan tangan telentang. Meski awalnya sulit, planking semakin mudah dilakukan jika kamu sudah terbiasa. Plank bagus untuk mengencangkan otot perut, punggung, dan otot lengan.

5. Yoga

Yoga bisa dilakukan di dalam ruangan. Olahraga ini bertujuan untuk menyatukan tubuh, pikiran, dan jiwa. Yoga membantu kamu menjadi lebih sadar akan postur tubuh. Selain itu, keselarasan pola gerakan membuat tubuh fleksibel dan rileks. Kalori yang terbakar selama satu jam berlatih yoga adalah 280 kalori.

6. Pilates

Mirip dengan yoga, pilates dapat dilakukan di dalam ruangan sehingga termasuk olahraga pilihan di musim hujan. Bedanya, olahraga ini menekankan pada pengembangan tubuh melalui kekuatan inti, fleksibilitas, dan gerakan anggun. Latihan ini dapat mengencangkan otot-otot tubuh, serta meningkatkan sirkulasi darah dan pernapasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement