Advertisement

Kini Dijuluki 'Pembunuh Raksasa', Ini 4 Pencapaian Luar Biasa Timnas Maroko

Surya Dua Artha Simanjuntak
Minggu, 11 Desember 2022 - 14:07 WIB
Bhekti Suryani
Kini Dijuluki 'Pembunuh Raksasa', Ini 4 Pencapaian Luar Biasa Timnas Maroko Timnas Maroko di Piala Dunia 2022 - FIFA

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA— Tim Nasional (Timnas) Maroko berhasil menorehkan sejarah di dunia sepak bola setelah berhasil mengalahkan Timnas Portugal dengan skor 1-0 dalam laga perempat final Piala Dunia 2022, Sabtu (10/12) malam.

Tim berjuluk Singa Atlas melaju ke babak semi final dan mengantar Cristiano Ronaldo dkk pulang dengan kekecewaan.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Youssef En-Nesyri mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan tersebut, dengan sundulan di depan mistar gawang beberapa menit sebelum turun minum.

Di laga semifinal, Maroko akan berhadap dengan Timnas Perancis yang sukses menaklukkan Timnas Inggris dengan skor 2-1.

Setidaknya, ada empat pencapian luar biasa yang diraih Maroko sejauh ini. Apa saja? Berikut ulasannya.

Wakil Afrika Pertama di Semifinal

Kemenangan Maroko atas Portugal membuat mereka menjadi timnas asal Benua Afrika pertama yang pernah mencapai laga semifinal ajang Piala Dunia.

Bahkan mantan punggawa Arsenal dan Real Madrid, Mesut Ozil, mengaku bangga dengan kemenangan Maroko yang menurutnya pencapaian hebat untuk Benua Afrika dan Muslim.

“Bangga. Tim yang luar biasa! Pencapaian yang sangat hebat untuk Benua Afrika dan Muslim. Senang melihat dongeng seperti itu masih mungkin terjadi di sepak bola modern – ini akan memberi begitu banyak kekuatan dan harapan kepada orang-orang ,” cuit Ozil lewat akun Twitter-nya, @M10, Sabtu (10/12/2022).

Belum Pernah Kebobolan Lawan

Dalam lima laga yang sudah dijalani dalam pegelaran Piala Dunia 2022, tercacat gawang Maroko belum pernah dibobol oleh lawan-lawannya.

Dalam laga terakhir Grup F melawan Kanada (1/12/2022), Maroko memang sempat kebobolan pada menit ke-40. Meski begitu, bukan pemain asal Kanada yang membobol gawang tim Singa Atlas tersebut. Melainkan pemain sendiri alias gol bunuh diri dari bek mereka Nayef Aguerd.

BACA JUGA: Profil Walid Regragui, Pelatih Terbuang yang Membawa Maroko ke Semifinal

Tak heran jika penjaga gawang mereka, Yassine Bono, kerap kali dinobatkan menjadi pemain terbaik dalam laga-laga Maroko—termasuk saat melawan Portugal.

Pertahanan Terbaik

Belum pernah dibobol oleh pemain lawan, membuat Maroko jadi tim dengan pertahanan terbaik dari tim lainnya di Piala Dunia 2022.

Padahal, notabenenya Maroko sudah melawan Portugal yang saat itu menjadi tim paling produktif—bersama Inggris—dengan 12 gol.

Hingga saat ini, gawang Maroko baru tembus satu kali—lewat gol bunuh diri. Di bawah mereka, ada Brasil dan Kroasia yang sudah kebobolan 3 gol.

Pembunuhan Raksasa

Perjalanan Maroko hingga mendapatkan tiket ke semifinal tak bisa dibilang mudah. Mereka beberapa kali mengalahkan ataupun menahan tim-tim raksasa unggulan.

Pada laga awal Grup F (23/11/2022), Maroko sudah berhasil menahan imbang finalis Piala Dunia 2018, Kroasia. Luka Modric dkk harus puas bermain tanpa gol melawan Maroko.

Maroko juga berhasil mengalahkan tim peringkat dua FIFA, Belgia, dengan skor 2-0 dalam laga lanjutan Grup F. Saat itu, gol dari Romain Saiss dan Zakaria Aboukhlal membuat Lukaku dkk bertekuk lutut.

Di laga perempat final, Maroko kembali membuat kejutan dengan mengalahkan tim unggulan lain, Spanyol, lewat drama adu penalti. Selama 120 menit, Maroko berhasil menahan imbang 0-0 pemenang Piala Dunia 2010 tersebut. Dalam adu penalti, Maroko menang dengan skor 3-0.

Terakhir, tepatnya tadi malam, Maroko berhasil mengalahkan pemenang Piala Euro 2016, Portugal, dengan skor 1-0.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

2023, DPUPKP Bantul akan Aspal 39 Ruas Jalan

News
| Rabu, 08 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement