Advertisement

Tundukkan Maroko, Kroasia Peringkat Ketiga Piala Dunia 2022

Andhika Anggoro Wening
Minggu, 18 Desember 2022 - 03:37 WIB
Budi Cahyana
Tundukkan Maroko, Kroasia Peringkat Ketiga Piala Dunia 2022 Gol Mislav Orsic yang membawa Kroasia juara tiga Piala Dunia 2022. Hasil Kroasia vs Maroko: Kroasia Juara Tiga Piala Dunia 2022 - FIFA

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTAKroasia berhasil meraih peringkat ketiga Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Maroko dalam perebutan tempat ketiga.

Gol indah gelandang Mislav Orsic membawa Kroasia unggul 2-1 atas Maroko sekaligus juara tiga Piala Dunia untuk kedua kalinya setelah terakhir pada perhelatan 1998.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Khalifa International, Sabtu (17/12/2022), malam, gol Kroasia dibuat Josko Gvardiol, Mislav Orsic. Sedangkan gol balasan Maroko dicetak Achraf Dari.

Pertandingan Kroasia vs Maroko berlangsung menarik dari peluit pertama dibunyikan. Maroko yang baru pertama kali menjejakkan kakinya di perebutan trmpat ketiga bermain gugup di awal laga.

Beberapa pemain Maroko nyaris melakukan blunder di awal babak termasuk kiper Bono.

Kroasia berhasil mencetak gol pertama di menit tujuh lewat set piece tendangan bebas. Gvardiol yang menerima umpan sundulan berhasil mengheading dengan terbang untuk menjebol gawang Maroko dimenit tujuh.

Namun Maroko berhasil membalas gol Gvardiol dengan cepat. Berselang dua menit kemudian, Dari mencetak gol penyama di menit sembilan untuk membawa skor sama kuat 1-1.

Maroko setelah gol ini kembali beberapa kali melakukan kesalahan umpan yang membahayakan gawang mereka. Namun sayang, pemain Kroasia belum bisa memanfaatkan keadaan ini untuk mengubah skor.Termasuk sundulan Ivan Perisic yang bisa diamankan Bono.

Bono kembali melakukan dua penyelamatan gemilan di menit 23 dengan menepis tendangan Luka Modric yang dilepaskan dari sisi kanan pertahanan Maroko.

Maroko mempunyai peluang emas di menit 29. Namun umpan tarik Achraf Hakimi tidak bisa disambut Yousse En-Nesyri.

Hingga menit 30, skor Kroasia vs Maroko di perebutan tempat ketiga masih sama kuat 0-0.

Maroko yang seperti bermain di kandang sendiri karena didukung puluhan ribu pendukungnya mulai menemukan ritme bermain mulai menit 30. Dengan memindahkan bola dari sisi kanan-kiri, timnas Maroko yang dijuluki Singa Atlas bisa memecah konsentrasi pertahanan Kroasia.

Sementara itu, Kroasia yang dijuluki Vatreni menerapkan taktik menunggu dan kemudian melakukan serangan balik. Bermain tenang dalam membongkar pertahanan Maroko, Kroasia akhirnya bisa unggul kembali di menit 42.

Berawal dari serangan yang dibangun di sayap kiri, Mislav Orsic membuat gol indah dengan menyepak bola melengkung yang tidak bisa dijangkau kiper Bono. Hingga pertandingan babak pertama selesai, Kroasia unggul 2-1 atas Maroko.

Masuk babak kedua, pelatih Maroko, Walid Regragrui memasukkan Ilias Chair untuk menambah kekuatan di lini tengah. 

Kroasia yang sudah unggul 2-1 bermain nyaman. Operan-operan pendek Modric cs bisa membuat pertahanan Maroko terbuka. Bahkan Orsic nyaris menjebol gawang Maroko di awal babak kedua, namun sepakannya masih membentur samping kanan gawang.

Maroko yang membutuhkan gol untuk menyamakan kedudukan terus menekan pertahanan Kroasia terutama lewat sisi kanan yang ditempati Achraf Hakimi dan Hakim Ziyech.

Namun Kroasia sudah bisa mengantisipasi taktik Maroko hingga menit 60 babak kedua. Skor masih 2-1 untuk Kroasia.

Maroko mulai mengirim umpan silang ke kotak penalti mengandalkan lompatan Youssef En-Nesyri. Namun hingga menit 70 taktik ini belum berhasil  membuahkan gol.

Pada menit 75 terjadi insiden Gvardiol jatuh di kotak penalti setelah kaki kirinya diambil dari belakang oleh pemain Maroko, namun wasit tidak mengindahkan kejadian ini.

Selang semenit kemudian giliran kiper Kroasia Dominik Livakovic yang melakukan penyelamatan gemilang usai menepis tendangan En-Nesyri dari dalam kotak penalti.

En-Nesyri nyaris menyamakan kedudukan di detik-detik terakhir pertandingan tapi sundulannya melambung tipis dari gawang Kroasia

Hingga pertandingan berakhir, skor tetap 2-1 sekaligus menasbihkan Kroasia menjadi juara tiga Piala Dunia 2022. Pertandingan final Piala Dunia 2022, Argentina vs Prancis akan dimainkan, Minggu (18/12/2022) malam di Stadion Lusail.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Begini Cara Pangeran Arab Saudi Nikmati Kekayaan

News
| Senin, 06 Februari 2023, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement