Advertisement

Terbaik! Bawa Argentina Juara Piala Dunia, Ini Rekor Messi

Herdanang A Fauzan
Senin, 19 Desember 2022 - 02:17 WIB
Arief Junianto
Terbaik! Bawa Argentina Juara Piala Dunia, Ini Rekor Messi Argentina vs Kroasia - FIFA

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Lionel Messi jadi sorotan lagi. Setelah berkali-kali tumbang dalam empat edisi Piala Dunia sebelumnya, La Pulga sukses membawa Timnas Argentina menjadi juara dunia seusai menundukkan Prancis dalam Final Piala Dunia 2022 yang dihelat di Lusail Stadium Qatar, Minggu (18/12/2022).

Laga Argentina vs Prancis sebenarnya berakhir imbang 3-3 hingga babak perpanjangan waktu usai. Sepasang gol Lionel Messi dan satu lagi dari rekannya Angel Di Maria mampu dibalas oleh hattrick Kylian Mbappe. Namun, pada babak adu penalti, Argentina unggul telak dengan skor 4-2.

Advertisement

Bukan saja menandai trofi Piala Dunia pertama, laga ini juga mengantarkan Messi memecahkan sederet rekor baru. Statistik yang dibukukan Messi kemungkinan besar tidak akan berubah lagi, mengingat sang megabintang telah mengkonfirmasi bahwa dirinya tidak akan tampil lagi pada Piala Dunia edisi mendatang.

"Ini akan jadi Piala Dunia terakhirku tentu saja. Keputusan sudah dibuat," tuturnya dalam sebuah wawancara dengan jurnalis Star+ Sebastian Vignolo, belum lama ini.

️ "It is most likely my last World Cup! The last opportunity to make our dream a reality" Lionel Messi is looking to lead Argentina to glory. pic.twitter.com/cqCfLrqsG3

— Sky Sports News (@SkySportsNews) November 21, 2022

Lantas, apa saja rekor yang telah ditorehkan penggawa Paris Saint-Germain tersebut?

Berikut Daftar Lengkap Rekor Lionel Messi Usai Final Piala Dunia 2022

Menit Terbanyak

Dengan penampilan terakhirnya di partai final, Messi kini menyandang rekor sebagai pemain dengan menit bermain terbanyak dalam sejarah Piala Dunia. Messi, dikutip dari rekapitulasi Squawka, menyalip rekor yang sebelumnya dipegang eks bek Italia Paolo Maldini.

Pertandingan Terbanyak

Bukan hanya secara menit, dari segi jumlah pertandingan (26 laga) Messi juga merupakan pemegang rekor terbanyak. Catatan ini bikin La Pulga jadi pemain dengan jumlah pertandingan terbanyak dalam sejarah Piala Dunia.

Messi menyalip rekor sebelumnya, yang dipegang legenda Jerman Lothar Matthaus dengan total 25 pertandingan.

Kontribusi (Gol+Assist) Terbanyak

Dengan dua golnya ke gawang Prancis, Messi otomatis menjadi pemain dengan kontribusi terbesar terhadap suatu gol dalam sejarah Piala Dunia.

Sebagai catatan, kontribusi terhadap gol dihitung berdasarkan jumlah gol dan umpan gawan (assist) seorang pemain. Total kontribusi gol dan assist Messi adalah 21. Rinciannya adalah 13 gol dan delapan assist.

Dengan total angka tersebut, Messi semakin meninggalkan para pencatat rekor lain. Saat ini, di bawah Messi, daftar pemain dengan kontribusi terhadap suatu gol terbanyak memunculkan nama Miroslav Klose (Jerman), Gerd Muller (Jerman), dan Ronaldo Nazarrio (Brazil) yang masing-masing memberikan 19 kontribusi terhadap gol dalam sejarah Piala Dunia.

Rinciannya 16 gol dan 3 assist untuk Klose, 15 gol dan 4 assist untuk Ronaldo, serta 14 gol dan 15 assist untuk Gerd Muller.

Satu-satunya Pencetak Gol di Semua Fase

Dua gol ke gawang Prancis juga bikin Lionel Messi tercatat menyarangkan gol ke gawang lawan-lawannya di semua fase Piala Dunia 2022.

Messi sebelumnya mencetak 2 gol di fase grup, serta masing-masing 1 gol pada fase 16 besar (vs Australia), perempat final (vs Belanda), semifinal (vs Kroasia). 

Menurut penghitungan William Hill Sports, belum pernah ada manusia yang mencatatkan rekor serupa. Messi adalah satu-satunya.

Pemain Terbaik 2 Kali (Rekor)

Seusai penampilan ciamiknya sepanjang kompetisi, Lionel Messi juga diganjar penghargaan pemain terbaik sepanjang turnamen Piala Dunia 2022.

Sebagai catatan, Messi juga pernah meraih gelar serupa saat timnya takluk dari Jerman pada final Piala Dunia 2014. Artinya, Messi telah meraih gelar pemain terbaik Piala Dunia dua kali.

Sepanjang sejarah, belum ada manusia lain yang mencatatkan rekor serupa. Messi, lagi-lagi, jadi yang pertama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadi Tersangka Perampokan Setelah Keluar Penjara karena Korupsi, Mantan Wali Kota Blitar Samanhudi Mengelak Disebut Balas Dendam

News
| Jum'at, 27 Januari 2023, 18:42 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lava Bantal, Destinasi yang Dahulu Hanya Jadi Objek Penelitian Mahasiswa

Wisata
| Jum'at, 27 Januari 2023, 11:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement