Advertisement

Viral, Aksi Memukau Point Guard Bertangan Satu

Lajeng Padmaratri
Senin, 19 Desember 2022 - 14:17 WIB
Lajeng Padmaratri
Viral, Aksi Memukau Point Guard Bertangan Satu Hansel Enmanuel, pebasket bertangan satu. / Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, LOUSIANA—Aksi point guard di Northwestern State University (NSU) di Lousiana, Amerika Serikat memukau di liga perguruan tinggi meski ia memiliki keterbatasan. Hansel Enmanuel, atlet itu, hanya memiliki satu tangan, namun tak kalah dengan atlet basket lainnya.

Melansir Oddity Central, Hansel yang berusia 19 tahun menjadi perbincangan daring ketika video pertandingan basket di kampusnya viral di media sosial. Atlet itu dielu-elukan karena permainannya yang luar biasa meski hanya punya satu tangan.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Ia harus kehilangan lengan kirinya ketika masih berusia 6 tahun akibat kecelakaan. Balok kayu menimpa sebagian tubuhnya hingga lengan kiri itu hancur, membuat dokter tak punya pilihan selain mengamputasinya.

Pria kelahiran Republik Dominika itu menggemari basket sejak kecil. Namun, kecintaan itu pupus sejenak akibat kecelakaan itu. Ia sangat terpuruk karena sulit mengikat tali sepatu. Namun, pada satu titik ia menyadari bahwa ia bisa melakukan banyak hal dengan satu tangan, sehingga kecintaannya pada bola basket kembali menyala.

Hansel menghabiskan berjam-jam latihan di lapangan basket belajar memantulkan bola dan menggiringnya dengan satu tangan. Orang tuanya sempat khawatir ia kembali terpuruk jika melawan atlet berbadan sehat, namun kepercayaan diri Hansel sudah berangsur kembali.

Point guard setinggi 6 kaki atau sekitar 180 cm itu membuat debut skor basket di liga universitasnya ketika dia mencetak poin pertamanya untuk klub Demons NSU dalam kemenangannya atas Lousiana-Monroe Warhawks.

Tak disangka, pemain NBA seperti Kyrie Irving datang untuk melihatnya bermain dan berfoto bersamanya. Bahkan, legenda NBA Shaquille O'Neal mengakui keahliannya dalam postingan media sosial.

"Saya harap orang-orang mengerti betapa berbedanya Hansel Enmanuel. Dia mengungguli beberapa pemain sekolah menengah terbaik dengan satu tangan," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Simak! Cara Daftar KIP Kuliah 2023

News
| Kamis, 02 Februari 2023, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Traveloka Dorong Digitalisasi Pariwisata di DIY

Wisata
| Kamis, 02 Februari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement