Advertisement

Indonesia vs Vietnam: Menpora Minta Pemain Timnas Tidak Egois

Newswire
Jum'at, 06 Januari 2023 - 05:07 WIB
Jumali
Indonesia vs Vietnam: Menpora Minta Pemain Timnas Tidak Egois Marselino Ferdinan (kanan). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali meminta para pemain tim nasional Indonesia jangan bermain egois saat melakoni laga semifinal melawan Vietnam di Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/1/2023).

BACA JUGA: Bek Timnas Vietnam Ini Janji Sulitkan Indoensia di Semifinal Piala AFF 2022

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Menpora yang menyempatkan diri meninjau latihan timnas Indonesia di SUGBK, pada Kamis, juga berpesan agar para pemain mengedepankan kerja sama dan kepentingan tim ketimbang ambisi perseorangan, mengingat pertandingan besok menjadi laga penting untuk menjaga peluang Indonesia lolos ke partai final.

"Harapannya sekaligus menjadi harapan Bapak Presiden Joko Widodo yang dititipkan melalui saya, besok anak-anak harus bermain fokus," ungkap Zainudin melalui siaran pers di Jakarta, Kamis (5/1/2023).

"Selain fokus juga harus kerja sama tim yang bagus dan tentu tidak ada kelihatan ego perseorangannya," kata dia menambahkan.

Pesan Menpora seperti menangkap sentimen warganet yang menyoroti performa para pemain besutan Shin Tae-yong di fase penyisihan Grup A.

Sejumlah warganet menilai beberapa pemain banyak membuang peluang dan tampak egois bernafsu ingin menciptakan gol sendiri, padahal ada banyak opsi ketika Skuad Garuda berhasil menggiring bola hingga ke depan gawang lawan.

Kendati demikian, Menpora menilai timnas Indonesia sudah menunjukkan perubahan signifikan dan disebutnya telah menyadari pentingnya kerja sama tim, sehingga siap memberikan penampilan terbaik pada leg pertama semifinal melawan Vietnam.

"Mereka timnas ini akhirnya sudah menyadari (kerja sama tim), saya mendapat informasi dari Ketum (PSSI Mochamad Iriawan), pelatih (Shin Tae-yong) bahwa ada perubahan dari anak-anak," ujarnya.

Sementara itu, Shin menyadari bahwa penyelesaian akhir buruk menjadi masalah kentara yang menghinggapi Indonesia dalam laga-laga penyisihan Grup A.

Juru taktik asal Korea Selatan itu menegaskan akan memperbaiki persoalan tersebut dan mengaku telah menekankan kepada para pemain untuk memanfaatkan setiap peluang yang ada menjadi gol.

"Saya juga sudah tegaskan kepada para pemain bahwa semifinal dan final ini bukan lagi selisih 3-4 gol lebih. Tapi 1-2 gol cukup, yang penting bagaimana bisa memanfaatkan peluang dengan baik. Itu yang akan menentukan kita menang atau tidak,” kata Shin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Begini Cara Pangeran Arab Saudi Nikmati Kekayaan

News
| Senin, 06 Februari 2023, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement