Advertisement

Viral Lagi! Video Sepak Bola Gajah Timnas Indonesia vs Thailand di 1998, Siapa Terlibat?

Sunartono
Kamis, 12 Januari 2023 - 09:27 WIB
Sunartono
Viral Lagi! Video Sepak Bola Gajah Timnas Indonesia vs Thailand di 1998, Siapa Terlibat? Tangkapan layar video sepakbola gajah antara Timnas Indonesia melawan Thailand pada Piala Tiger 1998. - Tiktok.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tragedi memalukan sepak bola gajah antara Timnas Indonesia melawan Thailand pada Piala Tiger (sekarang Piala AFF) 1998 selalu saja dikenang sepanjang sejarah sepak bola Indonesia. Kini video gelaran sepak bola tersebut kembali viral di media sosial seiring kegagalan Timnas Indonesia melaju ke final Piala AFF 2022.

Video tersebut diuggah oleh akun Tiktok tyoalvino_27 yang dilihat sebanyak 229.000 kali disukai 2.199 akun dan diberikan komentara sebanyak 91 akun hingga Kamis (12/1/2023). Dalam video tersebut tampak kedua kesebelasan tidak melakukan penyerangan. Bahkan tampak pada menit ke 29 penjaga gawang Indonesia Hendro Kartiko justru menggiring bola ke tengah lapangan. Hendro yang kala itu mengenakan jersey berwarna krem dipadu hitam dengan nomor punggung 20 menggiring bola dari sector sayap kanan berusaha melewati pemain Thailand.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

BACA JUGA : Kongres PSSI Tidak Membahas tentang Sepakbola Gajah

Konon pemain Timnas Indonesia saat itu diintruksikan oleh pelatih Rusdy Bahalwan harus mengalah dari Thailand. Karena jika kalah maka Indonesia akan berada di peringkat kedua, dengan demikian akan terhindar bertempur melawan Vietnam pada babak Semifinal. Parahnya saat itu Thailand juga tidak melakukan penyerangan. Akibatnya para pemain frustasi dan melakukan tindakan tidak terpuji.

Timnas Indonesia mencetak gol lebih dahulu lewat tendangan Mirobaldo Bento pada menit ke-52, kemudian disamakan oleh Thailand lewat Kritsada Piandit pada menit ke-62. Timnas Indonesia Kembali mencetak gol melalui gol Aji Santoso pada menit ke-84. Lagi-lagi Thailand menyamakannya melalui Therdsak Chaiman membuat skor menjadi 2-2 melalui gol pada menit ke-86.

Saat itu sebenarnya skor imbang yaitu 2-2, akan tetapi pemain belakang Timnas Indonesia Mursyid Effendi melakukan gol bunuh diri dengan memasukkan bola ke gawang Indonesia. Sehingga mengubah skor menjadi 2-3 atas kemenangan Thailand. Pada semifinal kedua tim ini sama-sama keok, Thailand kalah atas Vietnam dan Indonesia dihajar Singapura. Vietnam melaju ke final melawan Singapura dan saat itu dimenangkan oleh Singapura.

BACA JUGA : Piala AFF 2022: Thailand Tantang Vietnam di Final

Akibat drama memalukan ini kedua kesebelasan disanksi FIFA, PSSI dan Federasi Sepakbola Thailand dedenda 400.000 Dolar AS, sedangkan Mursyid Effendi disanksi tak boleh bermain sepak bola internasional seumur hidup.

Ternyata banyak pecinta sepakbola ketika itu kaget dan tidak menyangka dengan aksi memalukan pemain Timnas. “Nyesek nontonnya masih ingat sampai sekarang,” kata netizen Sony Sulung di kolom komentar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Panggil Menteri Jhonny Plate Kamis Besok

News
| Rabu, 08 Februari 2023, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement