Advertisement

Jika Benar Manchester United Dibeli Investor Qatar, Begini Plus Minusnya...

Taufan Bara Mukti
Jum'at, 10 Februari 2023 - 05:27 WIB
Arief Junianto
Jika Benar Manchester United Dibeli Investor Qatar, Begini Plus Minusnya... Ilustrasi. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Manchester United tengah dalam proses dijual oleh pemiliknya, keluarga Glazer. Kini, ada penawar berasal Qatar yang siap menggelontorkan duit puluhan triliun rupiah untuk memiliki Manchester United.

Menurut The Guardian, pemimpin Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani, bakal segera mengajukan tawaran senilai 4,5 miliar paun (Rp82,2 triliun) untuk membeli klub yang sudah 20 kali menjuarai Liga Utama Inggris itu.

Advertisement

Harga ini masih di bawah angka 6 miliar paun (Rp109,66 triliun) seperti sudah dipasang keluarga Glazer.

Namun demikian, angka itu tetap lebih besar dibandingkan dengan harga yang diajukan orang terkaya di Inggris, Sir Jim Ratcliffe yang sejauh ini menjadi satu-satunya pihak yang sudah resmi menawar MU dengan mengajukan harga penawaran 4,25 miliar paun (Rp77,6 triliun).

Sheikh Tamim kemungkinan mengakuisisi Setan Merah lewat lengan investasi Qatar bernama Qatar Sports Investment (QSI) yang sejak 2011 juga memiliki Paris Saint Germain di Liga Prancis.

Jika Sheikh Tamim benar membeli United, maka dia terlebih dahulu harus membujuk badan sepak bola Eropa (UEFA) agar mengubah ketentuan berkaitan dengan Liga Champions.

Selama ini UEFA melarang dua atau lebih klub yang dimiliki investor yang sama, bertemu dalam kompetisi elite Eropa itu.

Ganjalan lain datang dari badan hak asasi manusia Amnesty International yang mewanti-wanti Liga Premier agar menguatkan lagi aturan kepemilikan klub sepakbolanya. 

Paceklik Gelar

Injeksi dana segar yang niscaya mengalir bagai air bah itu, bisa membuat restrukturisasi MU dalam matra apa pun, berjalan mulus.

Bukan saja saat membeli pemain-pemain top dunia, tapi juga ketika harus memodernkan fasilitas-fasilitas klub, termasuk stadion.

Asal tahu saja, dengan jumlah dana terhimpun 379 miliar paun (Rp6.931 triliun), QSI bisa tak punya lawan di Inggris, termasuk City Football Group pimpinan wakil perdana menteri Uni Emirat Arab, Sheikh Mansour bin Zayed bin Sultan Al Nahyan, yang memiliki Manchester City.

Mereka juga bukan tandingan PIF yang memiliki Newcastle, padahal kekuatan dana PIF saja jauh di atas kekuatan dana pemilik Manchester City.

BACA JUGA: Gelar Juara Manchester City Terancam Dicabut 

Buktinya, sekalipun merajai Liga Inggris belakangan ini, City tak pernah berani mengontrak superstar seperti Neymar, Lionel Messi atau Kylian Mbappe seperti dilakukan Qatar di PSG. Kemampuan keuangan ini pula yang membuat Qatar lebih cepat menghadirkan sukses kepada PSG. Sejak mengakuisisi penuh PSG pada Maret 2012, klub Prancis ini sudah delapan kali menjuarai liga.

Percepat Transformasi

Selama 18 tahun memiliki klub yang bermarkas di Old Trafford itu, keluarga Glazer baru enam kali mengantarkan Setan Merah menjuarai liga yang itu pun tak pernah dilakukan berturut-turut. Padahal, dalam rentang waktu lebih pendek selama 11 tahun, Qatar sukses mengantarkan PSG delapan kali juara liga yang nyaris dilakukan berturut-turut.

Catatan Qatar itu hampir mirip dengan jejak Uni Emirat Arab di Manchester City yang walau belum menjuarai Liga Champions, tak pernah absen mengikuti kompetisi elite Eropa itu dalam 12 musim terakhir.

Sejak diakuisisi UEA pada 2008, City sudah enam kali menjuarai liga sejak 2012. Mereka juga sudah tiga kali runner up sehingga selalu masuk dua besar kecuali musim 2015-2016.

Oleh karena itu, jika Manchester United dibeli Qatar, maka peruntungan klub ini niscaya langsung terangkat ke tingkat lebih tinggi lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

10 Orang Tewas Usai Dua Helikopter Militer Malaysia Tabrakan, Berikut Kronologinya

News
| Selasa, 23 April 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement