Advertisement

Bedu Pimpin Seleksi Pemain Timnas Basket Usia 18-23 Tahun

Jumali
Rabu, 15 Februari 2023 - 07:07 WIB
Jumali
Bedu Pimpin Seleksi Pemain Timnas Basket Usia 18-23 Tahun Timnas Basket Indonesia vs Saudi Arabia / Perbasi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—PP Perbasi telah menunjuk mantan pelatih Amartha Hangtuah dan Dewa United, Andika Supriadi Saputra atau Bedu menyeleksi pemain timnas kategori usia 18-23 tahun untuk Indonesia Development League (IDL) 2023. Seleknas sendiri digelar Senin (13/2) hingga kamis mendatang (16/2), di Cisarua, Bogor.

BACA JUGA: Timnas Basket Punya Manajer Baru

Advertisement

Ketum PP Perbasi Danny Kosasih mengatakan untuk tahap pertama, awalnya seleknas diikuti 39 pemain. Namun jelang pemberangkatan ke Cisarua, ada tambahan tiga pemain dari Kalimantan Tengah dan Jawa Barat.Satu nama dari Kalimantan Tengah adalah Almas Syauqannanda. Lalu dari Jawa Barat ada dua atlet yaknin I Made Duta Wahyundara dan Gerrick Fernando. Jadi total ada 42 pemain.

"Tujuan kami menggelar seleknas ini untuk memberikan peluang seluasnya kepada pemuda Indonesia. Daftar pemain yang ikut seleknas ini hasil dari pantauan Badan Tim Nasional. Meski seleknas ini sampai 16 Februari, namun kami terus membuka peluang bagi atlet yang ingin menantang dirinya menjadi bagian dari Timnas. Tentunya harus membawa surat rekomendasi Pengprov dari daerahnya," ujar Danny Kosasih, dikutip dari lama Perbasi.

IDL edisi perdana ini dijadwalkan akan berputar Mei hingga Agustus 2023. Langkah ini diambil karena memang Perbasi ingin siapkan lapis tiga Timnas Indonesia Putra, setelah sebelumnya membentuk Timnas Elite dan Indonesia Patriots. Sekaligus menyiapkan calon rookie untuk IBL 2024.
Dari rangkaian seleksi ini, nanti akan mengerucut menjadi 12 nama untuk tampil di IDL 2023.

Manajer Timnas untuk kompetisi IDL 2023 Ardima Rama Putra mengatakan bahwa masih ada dua pemain muda Indonesia masih berada di Amerika Serikat. Mereka belum bisa ikut seleknas saat ini. Diharapkan, nanti bisa menyusul karena seleknas terus di buka untuk pemain muda potensial Indonesia.

"Beberapa pemain kami seperti Russel Nyoo dan Muhammad Azriel Ralie yang saat ini ada di Amerika Serikat belum bergabung sehingga nantinya kami akan memberikan mereka kesempatan untuk seleksi tahap selanjutnya," ujar Dima yang juga Direktur Utama RANS PIK Basketball.

Saat ini, Jawa Barat sebagai penyumbang pemain terbanyak dengan 12 nama. Disusul kemudin DKI Jakarta dengan sembilan pemain. Dari Jawa Timur, ada lima nama dan Kepulauan Bangka Belitung menyumbangkan empat nama.

Daerah Jawa Tengah ada tiga pemain, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan DI Yogyakarta sama-sama mengirimkan kirim dua nama. Selain itu Bali, Bengkulu, dan Sulawesi Selatan masing-masing satu nama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditangkap di Kontrakannya, Begini Tampang Pelaku Pemerasan Penumpang Grab Car

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement