Advertisement

Harian Jogja

KONI Bantul Targetkan Juara Umum 30 Cabor di Porda 2025

Andreas Yuda Pramono
Selasa, 07 Maret 2023 - 13:47 WIB
Sunartono
KONI Bantul Targetkan Juara Umum 30 Cabor di Porda 2025 Bupati Bantul berfoto bersama pengurus KONI dan para atlet serta pelatih peraih medali di ajang Porda XVI DIY 2022. - Harian Jogja/Andreas Yuda Pramono.

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bantul telah menetapkan target untuk Pekan Olah Raga Daerah (Porda) XVII DIY 2025. Ketua KONI Bantul, Gandung Pardiman mengatakan KONI berupaya agar Bantul menjadi juara umum di 30 cabang olah raga (Cabor).

“Kalau kemarin kan kami mendapat 16 juara umum [cabor]. Karena itu, paling tidak besok kami harus mencapai juara umum untuk 30 cabor,” kata Gandung ditemui di Pendopo Parasamya I pada Selasa (7/3/2023).

Advertisement

BACA JUGA:  Tokopedia Bantu Perempuan Pelaku UMKM Memiliki NIB

BACA JUGA : Bupati Pengin Bantul Juara Umum di Porda, Atlet Justru

Karena itu, kata Gandung, KONI akan terus melakukan pembinaan cabor-cabor yang memperoleh medali baik emas, perak, maupun perunggu. “Mulai Mei besok kami canangkan raker kabupaten, sehingga tidak ada atlet yang tidak diperhatikan. Nah, para atlet yang dimungkinkan mendapat medali mulai kami data,” katanya.

Dalam Porda XVI tahun 2022, Bantul mendapat total 135 medali emas, 138 medali perak, dan 166 medali perunggu dengan total atlet peraih medali dan pelatih cabor sebanyak 828 orang. Dari jumlah tersebut, cabor renang menjadi peraih uang penghargaan terbanyak hingga Rp70 juta, lalu disusul cabor panjat tebing mencapai Rp45 juta, terakhir oleh cabor balap sepeda yang mendapat Rp40 juta.

Jika dilihat dari sisi atlet, peraih medali emas mendapat Rp15 juta, lalu medali perak Rp7,5 juta, dan medali perunggu mendapat Rp2,5 juta.

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih mengajak setiap elemen baik pengurus KONI maupun para atlet, pelatih, dan official untuk menjaga soliditas agar dapat membantu para atlet menuju kemenangan Porda XVII DIY 2025. Pemda Bantul berkomitmen untuk meningkatkan pembinaan dan kesejahteraan utamanya atlet.

BACA JUGA : Atlet Bantul Sambat soal Tidak Jelasnya Bonus Porda 2022

“Bantul merupakan salah satu daya yang memiliki bibit-bibit atlet unggul, serta pola pembinaan yang baik. Bukti nyatanya adalah berkali-kali dalam setiap ajang Popda [Pekan Olahraga Pelajar] DIY, Bantul berlangganan menjadi juara umum,” kata Halim.

Di lain pihak, atlet cabor senam, Restu Fauzi yang mendapat tiga mendali emas untuk kategori all round atau serba bisa, meja lompat, dan palang sejajar berharap pembinaan terhadap para atlet oleh KONI dapat terus ditingkatkan.

“Saya berharap agar KONI dapat lebih memperhatikan atlet-atlet muda yang akan menjadi penerus atlet Kabupaten Bantul,” kata Restu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja
Baca Koran harianjogja.com

Berita Pilihan

Advertisement

alt

MA Tolak Kasasi Gugatan Hak Cipta Tabungan Emas Pegadaian Senilai Rp322 Miliar

News
| Sabtu, 25 Maret 2023, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Ini 10 Negara dengan Durasi Puasa Terpanjang di Dunia pada 2023

Wisata
| Jum'at, 24 Maret 2023, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement