Advertisement

Digelar 19 November 2023, Borobudur Marathon Sebelumnya Akan Menyapa 10 Kota

Nina Atmasari
Minggu, 19 Maret 2023 - 12:17 WIB
Sunartono
Digelar 19 November 2023, Borobudur Marathon Sebelumnya Akan Menyapa 10 Kota Peluncuran Borobudur Marathon 2023 diluncurkan dalam acara Borobudur Marathon Menyapa Magelang, Sabtu (18/3/2023) malam. - Harian Jogja/Nina Atmasari

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG—Ajang lari maraton tahunan, Borobudur Marathon 2023 akan digelar pada 19 November 2023 mendatang. Sebelumnya, akan dilakukan Bank Jateng Friendship Run di 10 kota termasuk Jogja.

Friendship Run akan menyapa Jakarta, Bandung, Semarang, Jogja, Surabaya, Denpasar, Makassar, Banjarmasin, Medan, dan Palembang. The Tour juga akan kembali hadir bersama sejumlah komunitas di 10 kota bersamaan dengan dilaksanakannya The Tour dan Bank Jateng Friendship Run.

Peluncuran Borobudur Marathon 2023 dilakukan pada acara Borobudur Marathon Menyapa Magelang, yang menjadi gelaran pembuka dari rangkaian Borobudur Marathon 2023, Sabtu (18/3/2023) malam. Peluncuran dimeriahkan dengan parade kesenian dan tumpeng oleh para pelajar dari 24 sekolah dan sejumlah tumpeng dari 10 desa di kawasan Borobudur.

Kegiatan ini bertujuan menyapa masyarakat Magelang dan pelari sekaligus berbagi semangat "Voice Of Unity" sebagai tema untuk menyuarakan semangat persatuan, suara positif untuk saling menginspirasi dan membangun persatuan.

Hadir dalam peluncuran Borobudur Marathon 2023, antara lain panitia Bomar Budiman Tanuredjo, Direktur Utama Bank Jateng Bapak Supriyatno, Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chie An, dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Ganjar Pranowo mengatakan lebih kurang 10.000 peserta ditargetkan mengikuti Borobudur Marathon 2023. "Voice of Unity menggambarkan bagaimana pelari, stakeholder, dan masyarakat bersatu untuk menyuarakan semangat kemenangan," katanya, dalam .

Ganjar yang masa jabatannya akan habis pada 5 September 2023 ini berharap Borobudur Marathon 2023 menjadi event masyarakat Borobudur dan sekitarnya.

Berdasarkan siaran pers, Borobudur Marathon 2023 akan dilaksanakan satu hari dengan beberapa kategori, yaitu marathon, half marathon, dan 10K kepada pihak umum nasional dan internasional. Adapun rangkaian kegiatannya terdiri atas Bank Jateng Friendship Run 10 Kota, The Tour, Bank Jateng Pawone, dan Race Day.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magelang, Slamet Achmad Husein mengungkapkan Borobudur Marathon 2023 akan menjadi agenda sport tourism yang akan berdampak pada masyarakat di Kabupaten Magelang.

"Kegiatan ini tentu akan menggerakkan UMKM, termasuk homestay dan destinasi wisata. Tahun kemarin saja yang hanya 2.000 peserta, homestay di Borobudur penuh. Apalagi jika besok pesertanya sampai 10.000 orang. Mereka menginap tidak hanya untuk Borobudur Marathon tetapi juuga menikmati destinasi-destinasi wisata di Magelang," katanya.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendag Sebut Kemendag Tak Tinggal Diam Mengetahui Perdagangan Pakaian Bekas Impor Kembali Marak

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement