Advertisement

Mahfud MD: Solusi Sedang Dicari Menyusul Pembatalan Drawing Piala Dunia U-20

Akbar Evandio
Senin, 27 Maret 2023 - 20:47 WIB
Budi Cahyana
Mahfud MD: Solusi Sedang Dicari Menyusul Pembatalan Drawing Piala Dunia U-20 Trofi Piala Dunia U-20. - FIFA

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan pemerintah dan PSSI masih mencari solusi atas pembatalan drawing Piala Dunia U-20 di Bali pada Jumat (31/3/2023) mendatang.

“Pokoknya prinsipnya Indonesia itu tidak punya hubungan diplomatik dengan Israel dan tidak akan pernah melakukan hubungan diplomatik dengan Israel selama Palestina belum merdeka. Itu adalah pernyataan Bung Karno di PBB dan Konferensi Asia Afrika dan Bung Karno membuat Ganefo sendiri karena melawan imperialisme, sebab bagi bung karno israel itu imperialis,” katanya kepada wartawan, Senin (27/3/2023).

Advertisement

Mahfud menegaskan Indonesia menginginkan setiap negara di dunia melihat olah raga tak hanya sebagai ajang yang merekatkan, tetapi juga agenda untuk saling menghargai prinsip setiap penyelenggaranya.

“Kami ingin di dunia internasional itu bergaul dengan baik dan melihat olahraga sebagai salah satu cara Indonesia masuk ke dunia internasional dengan baik. Oleh sebab itu, kami ada pandangan agar Indonesia tetap jaya dan sejahtera, maju dan tetap tidak akan mendukung Israel, tetapi akan mendukung kemerdekaan Palestina, dan tidak akan membuka hubungan diplomatik dengan Israel selama Palestina tidak diakui sebagai sebuah Negara. Nah langkah-langkah berikutnya tunggu saja,” pungkas Mahfud.

Penolakan terhadap Timnas Israel berlaga di Piala Dunia U-20 datang dari sejumlah pihak, termasuk pejabat publik seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali Wayan Koster.

Ganjar mengatakan, sebagai kader PDI Perjuangan, dirinya memegang teguh amanat Bung Karno untuk terus mendukung kemerdekaan Palestina.

"Kami sudah tahu bagaimana komitmen Bung Karno terhadap Palestina, baik yang disuarakan dalam Konferensi Asia Afrika, Gerakan Non Blok, dan maupun dalam Conference of the New Emerging Forces. Jadi, ya kita ikut amanat beliau," katanya di Semarang (23/3/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Temu Publik Vol. 2 Jadi Ajang Museum Song Terus Pacitan Membangun Jejaring

News
| Kamis, 25 Juli 2024, 13:07 WIB

Advertisement

alt

7 Lokasi Geopark Jogja di Wilayah Sleman, Rasakan Keindahannya

Wisata
| Selasa, 23 Juli 2024, 08:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement