Advertisement

Sandiaga Uno Berharap Indonesia Tetap Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Akbar Evandio
Senin, 27 Maret 2023 - 21:47 WIB
Budi Cahyana
Sandiaga Uno Berharap Indonesia Tetap Tuan Rumah Piala Dunia U-20 Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno (tengah) - JIBI/Bisnis.com/Akbar Evandio

Advertisement

Bisnis.com, JAKARTAMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengharapkan Indonesia tetapi menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Posisi sebagai tuan rumah turnamen olahraga internasional akan memberikan kerugian yang signifikan untuk Indonesia

Sandi menilai Piala Dunia U-20menjadi pilar sports tourism atau pariwisata berbasis olahraga.

Advertisement

Menurutnya, melalui penyelenggaraan ajang olahraga sepak bola itu, Kemenparekraf melihat peluang kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang signifikan. Hal itu juga berkaitan dengan pergerakan wisatawan nusantara pada tahun ini.

"Pada tahun ini 7,4 juta wisman dan pergerakan wisatawan nusantara 1,4 miliar dan tentunya saya sampaikan ke Pak Erick Thohir [Ketua Umum PSSI] bahwa dari segi Parekraf sangat mengharapkan Piala Dunia U-20 ini berlangsung di Indonesia dan kami pastikan kesiapan destinasi pariwisata dan juga produk ekonomi kreatif UMKM yang nanti disiapkan dari bagian perhelatan tersebut," ujar Sandiaga Uno kepada wartawan, Senin (27/3/2023).

Sandiaga menyebut apabila status tuan rumah Piala Dunia U-20 tersebut lepas, tak dapat dipungkiri kerugian besar akan menghampiri ekonomi Tanah Air. Khususnya di bidang ekonomi kreatif.

Adapun Sandi dan jajaran kementeriannya belum melakukan kalkulasi mengenai risiko kerugian yang dimaksudkan.

"Ini masih dihitung [potensi kerugian]. Namun, pasti akan sangat berdampak negatif terhadap pencapaian target wisatawan mancanegara dan pergerakan wisatawan. Saya tadi menyampaikan ke Pak Erick bahwa pasti akan berdampak pada sektor Parekraf dan Pak Erick menyampaikan dia akan berkoordinasi dengan pihak FIFA di Zurich," tuturnya.

Lebih lanjut, pria kelahiran 28 Juni 1969 ini mengatakan sikap Indonesia saat ini masih memperjuangkan agar tetap memegang status sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Apalagi setelah sukses dengan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, menggelar ajang internasional menjadi salah satu modal pemulihan ekonomi Tanah Air.

"Tahun ini kita juga menjadi Ketua Asean yang diselenggarakan di Indonesia, ini konsep pemulihan ekonomi berbasis event kelas dunia dan internasional yang terbukti menghadirkan peluang pemulihan khususnya bagi ekonomi lokal. Sehingga kita harapkan terus berlangsung dan kita harap event besar [Piala Dunia U-20] tetap diusahakan di Indonesia," kata Sandiaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

LPS Gandeng DepositoBPR by Komunal Gelar Edukasi Finansial Untuk Karyawannya

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement