Advertisement

Plt Menpora Sebut Belum Ada Surat Pembatalan Piala Dunia U 20 di Indonesia

Erta Darwati
Rabu, 29 Maret 2023 - 18:57 WIB
Budi Cahyana
Plt Menpora Sebut Belum Ada Surat Pembatalan Piala Dunia U 20 di Indonesia Menko PMK sekaligus Plt. Menpora Muhadjir Effendy - Kemenko PMK

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) sekaligus Plt Menpora Muhadjir Effendy mengatakan sampai sekarang belum ada surat pembatalan Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 terancam setelah FIFA membatalkan undian pembagian grup Piala Dunia U-20 2023 yang sedianya dihelat di Bali pada Jumat (31/3/2023) besok. FIFA membatalkan undian karena menilai Indonesia tidak bisa menjamin keamanan peserta. Sebab, muncul gelombang protes dan penolakan terhadap Israel. Israel menjadi satu dari 24 peserta Piala Dunia U-20 2023.

Advertisement

"Tentu saja kami berharap U-20 masih tetap digelar di Indonesia, dan sampai sekarang saya sebagai Plt Menpora belum menerima dan juga belum melihat surat hitam di atas putih tentang pembatalan U-20 itu. Kalau ada yang merasa menyatakan sudah dibatalkan ya tanyakan kepada yang menyatakan hal tersebut," lanjutnya kepada wartawan saat konferensi pers, Rabu (29/3/2023). 

Plt Menpora juga menekankansepak bola jangan dikaitkan dengan masalah lain, karena FIFA punya regulasinya sendiri. 

"Sepak bola ini jangan dikaitkan dengan masalah lain terutama masalah politik. FIFA punya aturan dan regulasinya sendiri dan sifatnya superordinat atas negara-negara. Olahraga itu dihelat atas persetujuan FIFA termasuk di Indonesia ini," tambahnya. 

Dia juga menyampaikan ucapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang komitmen Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina yang tidak akan pernah berubah. 

"Bapak Presiden juga sudah menegaskan komitmen Indonesia terhadap perjuangan bangsa Palestina tidak akan pernah berubah, sehingga jangan dikaitkan dengan kehadiran tim dari Israel, dengan komitmen pemerintah Indonesia itu," kata dia. 

Muhadjir mengatakan saat ini Ketua Umum PSSI Erick Thohir sedang mengadakan pembicaraan dengan FIFA. "Apakah hasilnya? Sampai sekarang saya belum dapatkan informasi, mari kita tunggu, semoga semuanya adalah kabar baik untuk Indonesia," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement