Advertisement

Dinilai Melakukan Intimidasi, FIFA Hukum Presiden Klub Persikabo Bimo Wirjasoekarta

Jumali
Rabu, 05 April 2023 - 09:07 WIB
Jumali
Dinilai Melakukan Intimidasi, FIFA Hukum Presiden Klub Persikabo Bimo Wirjasoekarta FIFA

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAFIFA menjatuhkan sanksi larangan beraktivitas dalam dunia sepak bola selama dua tahun kepada Presiden Klub Persikabo, Bimo Wirjasoekarta.

BACA JUGA: Merger dengan Persikabo, PS Tira Gunakan Nama Baru

Advertisement

Larangan beraktivitas dalam dunia sepak bola setelah pengadilan Komite Etik Independen FIFA menyatakan Bimo bersalah dan melanggar Pasal 24, 26, dan 14 dalam Kode Etik FIFA edisi 2023. Bimo dinilai telah melakukan tindakan intimidasi, paksaan, ancaman, dan eksploitasi terhadap para pemain.

"Majelis hakim telah melarang Bapak Bimo Wirjasoekarta, Presiden klub Indonesia Tira Persikabo, untuk mengambil bagian dalam semua kegiatan yang berhubungan dengan sepak bola selama dua tahun (ditangguhkan untuk masa percobaan tiga tahun) setelah menemukan dia bersalah atas tindakan intimidasi, paksaan, ancaman dan eksploitasi terhadap pemain," tulis FIFA dalam rilis resminya, dilihat Rabu (5/4/2023).

"Majelis hakim juga menjatuhkan denda sebesar CHF 10.000 [sekitar Rp 164 juta] kepada Bapak Wirjasoekarta," tambah FIFA.

FIFA juga menjelaskan, majelis hakim menyatakan bahwa Bimo telah melanggar Pasal 24 (Perlindungan integritas fisik dan mental), Pasal 26 (Penyalahgunaan posisi) dan, secara wajar, Pasal 14 (Tugas Umum) dadlam Kode Etik FIFA edisi 2023.

"FIFA memiliki sikap tegas terhadap segala bentuk pelecehan dalam sepak bola dan Komite Etik menangani semua kasus tersebut sejalan dengan Kode Etik, dengan mempertimbangkan kekhususan masing-masing," jelas FIFA.

"FIFA juga menyediakan sistem whistle-blowing yang rahasia, berdedikasi, sangat aman, dan berbasis web sehingga individu dapat melaporkan masalah pengamanan apa pun," tegas FIFA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement