Advertisement

Sosok Qasim Matar Ali Al Hatmi, Wasit Final SEA Games 2023 Sempat Nge-prank Timnas Indonesia

Taufan Bara Mukti
Rabu, 17 Mei 2023 - 10:37 WIB
Sunartono
Sosok Qasim Matar Ali Al Hatmi, Wasit Final SEA Games 2023 Sempat Nge-prank Timnas Indonesia Profil wasit final Sea Games 2023 Qasim Matar Ali Al Hatmi - Tangkapan Layar Youtube.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Wasit Qasim Matar Ali Al Hatmi menjadi pembicaraan setelah menjadi pengadil dalam final SEA Games 2023 antara timnas Indonesia vs Thailand di Stadion Olimpiade, Kamboja, Selasa (16/5/2023) malam.

Indonesia akhirnya mengakhiri dahaga medali emas Sea Games setelah membekuk Thailand dengan skor 5-2 dalam partai yang berlangsung panas dan dramatis.

Advertisement

Salah satu sosok yang disoroti pada final Sea Games 2023 adalah sang wasit, Qasim Matar Ali Al Hatmi. Wasit asal Oman ini beberapa kali membuat keputusan kontroversial sepanjang 120 menit jalannya laga.

BACA JUGA : Selain Dramatis, Kemenangan Timnas Indonesia atas Thailand Dibumbuhi Prank Wasit

Yang paling mencolok adalah ketika Qasim ngeprank ofisial dan pemain timnas Indonesia pada pengujung babak kedua. Saat kedudukan 2-1 untuk keunggulan Indonesia, Qasim meniup peluit yang langsung disambut oleh selebrasi di bangku cadangan Garuda.

Akan tetapi, sang wasit kemudian menegaskan bahwa peluit tersebut adalah untuk lemparan ke dalam. Padahal saat itu waktu sudah menunjukkan menit ke-90+8, melebihi injury time selama tujuh menit.

Tak hanya itu saja, Qasim juga mencabut enam kartu merah dan 16 kartu kuning dari sakunya pada laga tersebut.

Rinciannya dua untuk ofisial timnas Thailand, dan lima untuk pemain yakni Soponwit Rakyart, Komang Teguh Trisnanda, Jonathan Kemdee, serta Teerasak Poeiphimai.

Qasim Matar Ali Al Hatmi adalah Warga Negara Oman yang lahir pada 11 Desember 1990. Ia tergolong wasit muda karena baru berusia 32 tahun. Qasim tercatat pernah memimpin beberapa laga resmi dari FIFA.

Terakhir kali ia menjadi asisten wasit pada partai timnas U-20 Uzbekistan vs Korea Selatan U-20 di Piala Asia U-20 pada 15 Maret lalu. Qasim Matar Ali Al Hatmi juga pernah memimpin pertandingan yang melibatkan timnas Indonesia di Piala AFF 2020 (digelar 2021).

BACA JUGA : Manager Timnas Indonesia Korban Pemukulan Ofisial Timnas Thailand, Ternyata Seorang Polisi

Pada babak semifinal Indonesia vs Singapura, Qasim juga terkenal murah kartu. Ia memberi kartu merah yang kontroversial kepada bek Singapura Safuwan Baharudin di pengujung babak pertama. Awalnya Qasim hanya memberi kartu kuning kepada Safuwan, sebelum akhirnya ia memberi kartu kuning kedua karena beradu argumen.

Pada laga tersebut tim Garuda menang dengan skor 4-2 setelah bermain imbang 1-1 pada waktu normal kontra Singapura. Di ajang Sea Games 2023, Qasim sempat memimpin pertandingan di Grup A, namun tak pernah bersua Indonesia.

Pengadil asal Oman ini memimpin pertandingan Timor Leste vs Filipina dan Myanmar vs Kamboja. Pada laga yang disebutkan pertama, Qasim memberi kartu merah untuk pemain Filipina, Dennis Salazar Chung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi ke Surabaya untuk Resmikan Pameran Kelapa Internasional

News
| Senin, 22 Juli 2024, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement