Advertisement

Jadi Tuan Rumah Kualifikasi AFC U23, Erick Thohir: Solo Harus Jaga Kepercayaan Internasional

Media Digital
Minggu, 04 Juni 2023 - 15:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Jadi Tuan Rumah Kualifikasi AFC U23, Erick Thohir: Solo Harus Jaga Kepercayaan Internasional Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir (tengah) saat meninjau Stadion Manahan, Solo, Jateng, Minggu (4/6 - 2023). Ist

Advertisement

JAKARTA—Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menyatakan penunjukan Solo sebagai tuan rumah Kualifikasi Piala Asia U23 AFC 2024, September harus mampu menjaga kepercayaan dunia internasional terhadap Indonesia.

Menurut Erick, kesiapan Stadion Manahan yang dinilai FIFA layak mementaskan laga internasional saat inspeksi Maret lalu dan suporter setia klub kota itu, Persis yang juga militan pendukung Timnas harus dimaksimalkan agar ajang itu berjalan sukses.

Advertisement

"Bicara stadion, Manahan saya nilai sudah sangat siap dan terawat. Fasilitas media juga sudah siap. Sudah disetujui AFC dan telah lulus saat diinspeksi FIFA. Begitu pula suporter Persis yang tak cuma banyak, juga pasti siap mendukung Timnas. Jadi tolong dijaga kepercayaan dari AFC kepada kita sehingga tidak ada lagi persepsi negatif terhadap sepakbola Indonesia," jelas Erick Thohir saat meninjau Stadion Manahan, Solo, Jateng, Minggu (4/6/2023).

Karena itu, Erick berharap perhelatan Kualifikasi Grup K yang berisikan Indonesia, Turkmenistan, dan China Taipeh tak cuma menghasilkan prestasi bagi timnas dengan lolos ke putaran final Piala Asia U23 AFC 2024 di Qatar. Tapi juga harus berdampak positif bagi pertumbuhan sektor ekonomi, UMKM, merchandise, kesiapan fasilitas, serta budaya menonton yang tertib, nyaman, dan aman.

"Stadion ini salah satu dari 22 gelanggang yang direnovasi pemerintah agar sesuai standar FIFA. Sesuai pula dengan arahan Presiden Jokowi dan juga blue print PSSI untuk menyiapkan stadion berkualitas demi kepentingan laga internasional, nasional dan liga 1 serta liga 2. Dengan makin banyak stadion kita yang punya kualifikasi FIFA, maka ajang nasional dan internasional akan lebih mudah digelar. Dampaknya, sektor ekonomi tumbuh, UMKM terlibat, sekaligus muncul budaya menonton yang tertib, aman, dan nyaman," jelas Erick.

Babak kualifikasi akan berlangsung pada 4-12 September 2023 yang diikuti 45 kesebelasan dan dibagi ke dalam sebelas grup. Sebelas juara grup dan empat runner-up hterbaik akan lolos ke putaran final Piala Asia U-23 AFC 2024 yang akan digelar 15 April hingga 3 Mei 2024 di Qatar. Tuan rumah lolos otomatis menggenapi jumlah peserta menjadi 16 tim di putaran final nanti. Piala Asia U-23 AFC 2024 juga menjadi babak kualifikasi untuk Olimpiade 2024 di Paris, Prancis. 

"Jika di Piala Asia U-23 sebelumnya, kita tidak lolos, maka cukup realistis jika kali ini targetnya meraih tiket ke putaran final. Status tuan rumah harus benar-benar kita manfaatkan. Saya berharap, penggemar dan suporter timnas akan membanjiri stadion dan memberikan dukungan maksimal saat timnas main di kandang," pungkasnya. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement