Advertisement

Indonesia Gelar Turnamen Tenis Internasional Total Hadiah Rp700 juta

Newswire
Selasa, 13 Juni 2023 - 00:37 WIB
Jumali
Indonesia Gelar Turnamen Tenis Internasional Total Hadiah Rp700 juta Ilustrasi tenis lapangan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Indonesia menggelar turnamen tenis internasional bertajuk ‘Harum Energy Men's World Tennis Tour’ yang akan digelar sebanyak tiga seri mulai 10 Juni - 2 Juli bertempat di lapangan tenis The Sultan Hotel & Residence, Jakarta, dengan total hadiah Rp700 juta.

BACA JUGA: 15 Negara Ambil Bagian di Turnamen yang Digelar di Bantul

Advertisement

Harum Energy Men's World Tennis Tour 2023 masuk dalam kompetisi resmi Federasi Tenis Internasional (ITF) dan bisa menjadi pintu masuk bagi petenis yang tengah merintis karier di dunia profesional.

Harum Energy adalah perusahaan tambang yang aktif mendukung kegiatan olahraga, khususnya tenis di Indonesia dalam dekade terakhir ini.

“Yang spesial dari turnamen ini adalah memberi kesempatan kepada atlet-atlet kita untuk mencari pengalaman, untuk bisa berpartisipasi. Itu menurut kami yang penting,” kata Direktur Utama PT Harum Energy Tbk Ray A Gunara saat berbicara pada konferensi pers Harum Energy Men's World Tennis Tour 2023 di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (12/6/2023)..

Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (Ketum PP Pelti) Edward Omar Sharif Hiariej menyambut baik penyelenggaraan turnamen internasional ini di Indonesia.

Menurutnya, kehadiran turnamen tersebut akan menjadi kunci sukses tim tenis Indonesia dalam turnamen-turnamen besar yang akan datang seperti yang terjadi pada SEA Games 2023 Kamboja bulan lalu dengan tampil sebagai juara umum. Tim tenis sukses menyabet empat emas, dua perak, dan tiga perunggu.

"Sebagai induk organisasi olahraga tenis di Indonesia, PP Pelti mengucapkan terima kasih atas dukungan dunia usaha, khususnya Harum Energy yang aktif mendukung pengembangan prestasi olahraga tenis Indonesia di kancah dunia. Kehadiran turnamen internasional seperti Harum Energy Men's World Tennis Tour inilah yang menjadi kunci sukses tim Merah Putih saat menjadi juara umum cabang olahraga ini di SEA Games 2023," ucap Edward dari keterangan resmi yang didapat pewarta.

Harum Energy Men's World Tennis Tour menyediakan 48 slot kualifikasi nomor tunggal, 32 slot babak utama nomor tunggal, dan 16 slot babak utama untuk nomor ganda.


Ketua Bidang Perwasitan dan Kepelatihan PP Pelti Susan Soebakti mengatakan turnamen tersebut sangat bermanfaat untuk pengembangan bibit-bibit muda tenis Tanah Air yang nantinya bisa mengikuti jejak prestasi Muhammad Rifqi Fitriadi di ajang SEA Games 2023 Kamboja bulan lalu membawa pulang medali emas.

“Kita sangat berterima kasih kepada sponsor yang bersedia menyelenggarakan dan ini sangat bermanfaat bagi petenis Indonesia sebagai contohnya Rifqi, atlet tenis kita yang kemarin di SEA Games meraih medali emas,” kata Susan dalam konferensi pers turnamen internasional ini.

“Kami berharap turnamen internasional ini bisa dilaksanakan secara rutin di Indonesia,” imbuhnya.

Senada, Sekretaris Bidang Kerja Sama dan Hubungan Internasional PP Pelti Ghofar Ismail juga mengutarakan hal yang sama dengan wanita yang menjabat sebagai Direktur Turnamen Harum Energy Men's World Tennis Tour tersebut.

“Jumlah turnamen yang diselenggarakan di Indonesia meningkat signifikan terutama pada tahun ini, mudah-mudahan ke depan akan terus banyak sehingga akan lahir bibit-bibit muda. Semoga pemain-pemain muda kita akan terus tumbuh,” ucap Ghofar.

Ghofar menambahkan, dengan banyaknya turnamen tenis akan sangat bagus bagi ekosistem tenis Indonesia, sehingga lambat laut tenis Tanah Air akan lebih maju.

“Secara luas ini akan sangat menguntungkan ekosistem tenis kita. Kalo kita sering turnamen, sering pembinaan, ini ekosistem kita jadi sehat. Dan ini yang kita akan tumbuh kembangkan sehingga tenis menjadi maju di Indonesia,” kata Ghofar.

Petenis Australia Omar Jasika yang berperingkat 272 dunia akan menempati posisi unggulan teratas pekan pertama Harum Energy Men's World Tennis Tour.

Tim tuan rumah akan mengandalkan empat petenis yaitu Justin Barki, Giorgio Soemarno, Claudio Renardi Lumanau, dan Renaldi Aqila Arifadli Salim.

Tim Merah Putih juga masih berpeluang menambah wakil di babak utama setelah tiga petenis yaitu Gunawan Trismuwantara, Achad Imam Maruf, dan Tegar Abdi Satrio Wibowo melaju ke babak final kualifikasi yang akan dimainkan Selasa (13/6).

Merujuk situs ITF hingga Jumat (9/6), Harum Energy Men's World Tennis Tour akan diramaikan petenis yang berasal dari 32 negara.

Dari kawasan Asia ada Jepang, Korea Selatan, India hingga Uzbekistan. Ada juga Australia dan Selandia Baru.

Dari benua Eropa, hadir perwakilan dari Inggris, Turki, Italia, Republik Ceko, Belanda, Rusia dan Ukraina. Lalu, ada juga petenis dari benua Amerika, yaitu Amerika Serikat, Argentina, Chile, dan Brazil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dugaan Kasus Korupsi Kementan, KPK Geledah Rumah Mentan Syahrul Yasin Limpo

News
| Kamis, 28 September 2023, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Tiket Gratis Masuk Ancol, Berlaku Bagi Pengunjung Tak Bawa Kendaraan Bermotor

Wisata
| Selasa, 26 September 2023, 05:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement