Advertisement

Erick Thohir: Yayasan PSSI Ada agar Masa Depan Pesepakbola Terjamin

Media Digital
Jum'at, 23 Juni 2023 - 13:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Erick Thohir: Yayasan PSSI Ada agar Masa Depan Pesepakbola Terjamin Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indoensia (PSSI), Erick Thohir (dua kanan) memberi penjelasan tentang yayasan PSSI - Ist

Advertisement

JAKARTA—Yayasan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia atau PSSI telah terbentuk. Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indoensia (PSSI), Erick Thohir mengatakan pembentukan Yayasan PSSI memiliki tujuan mulia, sekaligus strategis agar para pemain yang memilih profesi sebagai pesepakbola profesional punya masa depan yang lebih terjamin.

Menurut Erick, di karier sepakbola yang singkat, para pemain muda dan pemain yang berada di puncak prestasi perlu merasa terlindungi, baik selama dan paska bermain bola sehingga fokus dalam menekuni jalan hidup di lapangan hijau.

Advertisement

"Organisasi seperti PSSI yang sudah lama berdiri sudah sewajarnya merawat dan memperhatikan stakeholder yang pernah membesarkannya. Terutama pemain yang mungkin setelah masa baktinya usai berada dalam situasi sulit. Yayasan PSSI ini tak hanya fokus membantu para pensiunan, tapi juga berperan memberikan arah kepada pemain muda dan profesional bagaimana menyiapkan jaminan masa depan setelah tak lagi merumput," ujar Erick Thohir saat meresmikan Yayasan PSSI di Kantor PSSI, GBK Arena, Senayan, Jakarta, Kamis (22/6/2023), seperti dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Jumat (23/6/2023).

Ia menambahkan apa yang dilakukan PSSI dengan membentuk Yayasan tak lain untuk mengurangi beban pemerintah yang memiliki anggaran terbatas dalam memperhatikan mantan pesepakbola yang telah mengharumkan nama Indonesia, namun kurang mendapatkan atensi. Karena itu Erick menyatakan dengan pembenahan keuangan serta perbaikan ekosistem sepakbola, terutama yang menyangkut bisnis, diharapkan akan terkumpul dana abadi yang dikelola Yayasan PSSI untuk kepentingan bersama.

Baca juga: QRIS Bakal Ada Fitur Baru, Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu

"Selain itu, kami ingin meniru apa yang dilakukan di Jepang yang memiliki program post atlet. Dengan program itu, para pesepakbola yang akan memasuki masa pensiun sudah mengetahui akan kemana melanjutkan kariernya. Apakah akan menjadi pelatih atau pegawai negeri sipil (PNS), atau wirausaha. Pemahaman dan informasi saat memasuki masa purna bakti, akan membuat mereka dapat bertahan hidup dan tidak menjadi beban bagi PSSI maupun pemerintah,” lanjutnya.

Untuk sumber pendanaan Yayasan, PSSI sudah membentuk PT Garuda dengan pembagian andil 95 persen milik PSSI, dan 5 persen milik Yayasan. Perusahaan Garuda akan melakukan deviden per tiga bulan. Selain itu, Yayasan juga akan mendapatkan donatur dari tokoh masyarakat, organisasi, perusahaan yang peduli dengan keberlanjutan nasib timnas Indonesia.

"Di tahap awal ini, yayasan hanya diperuntukkan untuk para pemain tim nasional dan eks tim nasional. Karena PSSI fokus akan membangun ekosistem yang terbaik bagi para pemain timnas. Sementara pemain liga harus ditanggung oleh pemilik klub liga," tutur Erick.

Erick tunjuk beberapa tokoh untuk menjaga kredibilitas Yayasan PSSI, seperti mantan Ketua KPK, Taufiequrachman Ruki dan juga Chandra Hamzah. Taufiqurrahman Ruki sebagai Pembina dan Chandra Hamzah sebagai Pengawas Yayasan PSSI. Penunjukan tokoh-tokoh ini diharapkan tidak ada ruang bagi siapapun untuk bermain-main dengan dana yayasan. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi: Investasi di IKN Bukan Penanaman Modal yang Sia-sia

News
| Sabtu, 23 September 2023, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Unik, Perbatasan Tiga Negara Ini Berupa Meja Piknik

Wisata
| Jum'at, 22 September 2023, 23:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement