Advertisement

Asprov PSSI DIY Tetapkan Liga 3 DIY Dimulai November-Desember 2023

Yosef Leon
Selasa, 25 Juli 2023 - 07:27 WIB
Sunartono
Asprov PSSI DIY Tetapkan Liga 3 DIY Dimulai November-Desember 2023 Ilustrasi - Facebook

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJALiga 3 region DIY rencananya akan digulirkan pada November-Desember 2023 mendatang. Hal itu diputuskan dalam hasil Kongres Biasa Asprov PSSI DIY yang diselenggarakan pada Minggu (24/7/2023) di kawasan Timoho. 

Ketua Umum Asprov PSSI DIY Dessy Arfianto mengatakan, penetapan bergulirnya Liga 3 itu disesuaikan dengan pertimbangan jadwal putaran nasional. Pada musim ini Liga 3 Nasional kabarnya bakal diselenggarakan pada April 2024 atau seusai Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Advertisement

"Rangkaian kompetisi di DIY akan kami mulai bulan September, untuk Liga 3 DIY bakal berlangsung selama dua bulan, November dan Desember 2023 nanti," kata Dessy. 

BACA JUGA : N'Golo Kante Beli Klub Liga 3 Belgia 

Dia menjelaskan, dengan diselenggarakan pada akhir tahun otomatis pengeluaran klub bisa ditekan. Sebab persiapan klub Liga 3 tidak terlalu panjang, belum lagi jika klub tersebut masuk putaran nasional praktis perlu menunggu jeda sekitar tiga bulan.

"Jadwal ini kami sudah sesuaikan dengan pusat. Karena 2024 ada banyak kegiatan nasional termasuk Pemilu. Selain itu, untuk beberapa bulan mendatang, seluruh pemain yang ada di DIY bisa fokus dulu untuk mempersiapkan diri ke ajang babak kualifikasi PON yang bakal digelar Oktober 2023 nanti," jelas Dessy.

Saat ini Asprov PSSI DIY sedang mempersiapkan tim BK PON. Dari empat nomor yang ditandingkan, tim DIY dipastikan bakal mengikuti semuanya. Sehingga menurut Dessy akan lebih ideal jika kompetisi Liga 3 DIY digelar sesuai agenda tersebut.

Adapun regulasi Liga 3 DIY juga telah dibahas bersama seluruh tim peserta kompetisi. Diantaranya soal penggunaan pemain dan sponsor. Tahun ini cukup berbeda dengan sebelumnya, kuota pemain senior akan ditambah.

"Untuk Liga 3 tetap menggunakan pemain U23, kemudian untuk kuota pemain senior diperbolehkan menggunakan tujuh pemain, tetapi hanya lima yang diperbolehkan masuk DSP (daftar susunan pemain)," kata Dessy.

Hanya saja PSSI DIY belum bisa membeberkan berapa kuota tim yang bisa maju ke putaran nasional dari DIY. Dessy menyebut hal itu akan dipastikan setelah berapa banyak klub yang akan berkompetisi di Liga 3 DIY.

"Selain kuantitas, Liga 3 DIY juga dilihat kualitasnya. Kalau tahun kemarin kuotanya dua, tahun ini belum tentu segitu. Semoga saja yang ikut banyak dan kualitas bagus, jadi bisa lebih banyak yang maju ke nasional," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Pulau Halmahera Meletus, Abu Vulkanik Setinggi 3,5 Kilometer

News
| Minggu, 28 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement