Advertisement

Targetkan Pemain DIY Masuk Timnas di Piala Dunia 2038, Ini yang Dilakukan Asprov PSSI DIY

Yosef Leon
Senin, 14 Agustus 2023 - 20:17 WIB
Arief Junianto
Targetkan Pemain DIY Masuk Timnas di Piala Dunia 2038, Ini yang Dilakukan Asprov PSSI DIY Suasana agenda workshop administrator yang digelar oleh Asprov PSSI DIY Minggu (13/8/2023) kemarin. - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Asprov PSSI DIY menargetkan atlet sepakbola asal Jogja bisa masuk ke skuad Tim Nasional Indonesia yang berlaga di Piala Dunia pada 2038 mendatang. Hal ini selaras dengan visi PSSI yang menargetkan Indonesia bisa tampil di kompetisi terbesar sepakbola dunia itu. 

"Mimpi kami ke depan walaupun kami tidak lagi di sini tetapi fondasinya sudah ada, setidaknya 1 atau 2 atlet ada dari Jogja di Timnas mendatang," ujarnya dalam agenda Workshop Administrator, Minggu (13/8/2023) kemarin. 

Advertisement

Menurutnya, upaya itu dilakukan dengan menyelenggarakan sejumlah turnamen kelompok umur mulai dari usia 9, 10, 11 dan 12 tahun. Kompetisi akan mulai bergulir sejak 2 September mendatang. "Mulai 2 september nanti, kami mulai yakni Grassroot Football Istimewa," jelasnya. 

BACA JUGA: Jelang Piala Dunia, Timnas U-17 Disebut Alami Banyak Kemajuan

Di ajang itu 160 tim akan ambil bagian dengan empat kelompok umur mulai dari usia 9, 10, 11 dan 12 tahun. Masing-masing kelompok umur nantinya akan diikuti maksimal 40 tim. "Kalau kita bagi rata kabupaten kota hanya 8 tim, potensi 160 itu sudah 2.600 atlet," katanya. 

Selain menggenjot pembinaan atlet di usia muda pihaknya juga membenahi sumber daya manusia (SDM) di luar tim. Pelatihan bagi administrator merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas sepakbola di Jogja serta tindak lanjut dari hasil kongres. 

"Elemen sepakbola yang ditetapkan yakni organisasi, kompetisi, pengembangan, kerja sama bisnis marketing kami jalankan satu-satu dan sebelum kompetisi jalan kita lakukan beberapa workshop dan pelatihan untuk stakeholder penunjangnya," kata dia. 

Sebelumnya juga sudah dilakukan penyegaran kepada pengawas pertandingan yang menggunakan aplikasi Siap PSSI dan juga FIFA. Dengan begitu seluruh potensi sepakbola di Jogja bisa terpantau termasuk atlet usia dini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Wacanakan Pembubaran Sejumlah Lembaga Negara, Demi Efisien Jalannya Pemerintahan

News
| Minggu, 12 Mei 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Unik, Ada Lampu Bangjo Khusus Unta di Tengah Gurun Pasir

Wisata
| Sabtu, 11 Mei 2024, 18:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement