Advertisement

132 Tim Perebutkan Piala GKR Mangkubumi di Grassroot Football Festival

Yosef Leon
Sabtu, 02 September 2023 - 17:57 WIB
Sunartono
132 Tim Perebutkan Piala GKR Mangkubumi di Grassroot Football Festival Suasana pembukaan Grassroot Football Festival yang diselenggarakan Asprov PSSI DIY di Lapangan Kenari pada Sabtu (2/9/2023). - Harian Jogja/Yosef Leon.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sedikitnya 132 tim dari perwakilan Kabupaten/Kota se-DIY berlaga dalam agenda Grassroot Football Festival yang diselenggarakan Asprov PSSI DIY Sabtu (2/9/2033) di Lapangan Kenari. Ajang pembinaan atlet sepakbola usia 9, 10, 11, dan 12 tahun itu nantinya akan memperebutkan piala bergilir Mangkubumi. 

Ketua Umum Asprov PSSI DIY Dessy Arfianto mengatakan, kompetisi berlangsung dari 2 September-15 Oktober yang diikuti oleh Klub Anggota, SSB dan Akademi Sepakbola di wilayah DIY. Total ada sebanyak 2.200 anak yang berpartisipasi dalam Grassroot Football Festival. Tahap awal ini pihaknya fokus pada menumbuhkan minat anak pada olahraga sepakbola. 

Advertisement

BACA JUGA : Usai Menang di Laga Persahabatan Melawan Tegal, Pelatih PSIM Puas dengan Performa Pemain Asing

"Untuk tahap awal kami fokus pada menumbuhkan semangat mereka untuk terus berlatih, sehingga kita datangkan juga tokoh nasional dan sepakbola lokal agar mereka lebih tertarik," kata Dessy.

Dessy menyebut, kompetisi ini juga menjadi dukungan terhadap visi PSSI yang mencanangkan Indonesia bisa berlaga di pentas Piala Dunia 2038 nanti, dengan begitu anak-anak yang sekarang menjalani kompetisi bisa menjadi salah satu pemain yang memperkuat timnas Indonesia di kompetisi tertinggi sepakbola dunia. 

"Semoga dari Jogja yang sekarang ada 2.200 anak ini dengan terus kita jaga dan latih mereka bisa jadi salah satu dari 11 pemain timnas yang tampil di Piala Dunia 2038 mendatang," katanya. 

Grassroot Football Festival secara resmi dibuka oleh Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali. Ajang ini juga menghadirkan Direktur Teknik PSSI sekaligus Asisten Pelatih Timnas Indonesia Indra Syafri untuk mengisi agenda coaching clinic bersama para pemain. Selain itu para peserta juga ìkut berlaga melawan pemain legenda PSIM Jogja.

BACA JUGA : Tak Ada Israel, Ini Daftar 20 Peserta Piala Dunia U-17 2023. Sisa 4 dari Asia Masih Menunggu

Zainudin Amali menyebut, Asprov PSSI DIY menjadi wilayah pertama yang membuka acara Grassroot Football Festival yang nantinya juga diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia. "Ini sekaligus sebagai pelaksanaan roadmap sepakbola kita ke depan terutama soal pembinaan berjenjang dari usia dini," kata dia. 

GKR Mangkubumi yang juga hadir di kesempatan tersebut mengapresiasi gelaran Grassroot Football Festival. Menurutnya ajang ini jadi kegiatan positif bagi anak-anak dalam mengembangkan minat dan bakatnya di olahraga sepakbola. "Saya mendukung penuh agenda ini sebagai pembinaan anak-anak yang nantinya bisa menjadi kebanggaan bagi DIY di masa depan," kata Mangkubumi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

3 Jenazah Pesawat Jatuh BSD Tiba di RS Polri, Posko Ante mortem dan Post Mortem Dibuka

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement