Advertisement

Hasil PSS Sleman vs Persik Kediri: Gol Salto Vizcarra Selamatkan PSS dari Kekalahan

Catur Dwi Janati
Sabtu, 21 Oktober 2023 - 20:57 WIB
Sunartono
Hasil PSS Sleman vs Persik Kediri: Gol Salto Vizcarra Selamatkan PSS dari Kekalahan Gelandang serang PSS Sleman, Esteban Vizcarra dalam laga menghadapi Persik Kediri di Stadion Maguwoharjo pada Sabtu (21/10/2023). - Istimewa/PSS Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Hasil PSS sleman melawan Persik Kediri, terjadi spektakuler Esteban Vizcarra berhasil menyelamatkan PSS Sleman dari kekalahan atas tamunya Persik Kediri. Saling berbalas serangan, laga dalam lanjutan pekan ke-16 BRI Liga 1-2023/24 diwarnai hujan gol dengan skor imbang 2-2.

Empat gol tercipta dalam laga yang berlangsung tanpa penonton di Stadion Maguwoharjo pada Sabtu (21/10/202) tersebut. Pemain muda PSS, Hokky Caraka sempat mencetak gol saat laga berjalan belasan menit. Hokky yang memanfaatkan umpan Irkham Mila berhasil menjebloskan gol ke gawang Persik Kediri. Sayang, gol tersebut dianulir lantaran pemain PSS dianggap terlebih dahulu dalam posisi offside.

Advertisement

Terus membangun serangan, Super Elang Jawa akhirnya unggul lebih dulu pada menit ke-31. Gol dilesatkan gelandang bertahan PSS Sleman, Wahyudi Hamisi lewat sepakan keras dari luar kotak penalti.

BACA JUGA : Head to Head PSS VS Persik, Misi Dua Tim Merangsek ke Papan Tengah

Hamisi yang mendapat bola di sekitar tengah lapangan berlari hingga depan area pertahanan lawan dan berhasil melakukan shooting keras ke arah gawang Persik. Bola sepakan Hamisi sempat membentur pemain lawan. Situasi ini yang mengubah momentum bola hingga mengecoh penjaga gawang Macan Putih. Bola akhhirnya masuk ke gawang, skor 1-0 untuk keunggulan PSS Sleman.

Ketinggalan satu gol, Persik Kediri meningkatkan serangannya. Sekitar sepuluh menit berselang, tepatnya pada menit ke-41, giliran pasukan Macan Putih yang berhasil mencetak gol. Tendangan bebas yang dieksekusi Renan Silva disambut dengan tandukan matang oleh sang penyerang Macan Putih, Flavio Silva. Bola sundulan Flavio tak mampu dihalau kiper Anthony Phintus hingga berujung gol untuk Persik Kediri. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, baik PSS dan Persik tidak terlihat mengendurkan serangan. Kedua tim melakukan sejumlah pergantian pemain di awal-awal babak kedua. Persik Kediri memasukan M. Khanafi dan mengeluarkan Arthur Irawan di menit ke-46. Sementara PSS melakukan pergantian ganda dengan memasukan Bustos dan Cawor untuk menggantikan Mila dan Ferre pada menit ke-60.

Pada menit ke-66 lagi-lagi kolaborasi duo Silva kembali berbuah gol. Renan Silva yang bergerak dari sisi kiri pertahanan Sleman menyodorkan umpan tusukan ke arah tengah kotak penalti yang langsung disambut sepakan keras Flavio Silva. Bola tendangan Flavio sempat membentur pemain PSS dan berakhir gol. Skor 1-2, Persik Kediri berbalik unggul.

Keunggulan itu tak berlangsung lama. Pada menit ke-67 atau hanya satu menit pasca kebobolan, pasukan Super Elang Jawa langsung bangkit memberikan balasan. Gol spektakuler Esteban Vizcarra memupus mimpi Persik Kediri untuk membawa tiga poin dari Maguwoharjo.

Bola tendangan Bustos yang membentur pemain Persik Kediri, malah melambung tepat di atas Vizcarra. Tanpa basa-basi, Vizcarra segera melancarkan tendangan akrobatik salto di udara. Bola tersebut melesat ke gawang Persik tanpa mampu dihalau para pemain tamu. Skor 2-2 untuk kedua  tim.

Sepanjang sisa waktu permainan, dua tim melakukan jual beli serangan hingga laga tuntas. Pada menit ke-87 sundulan Cawor nyaris berbuah gol, sayangnya mistar gawang mementahkan bola tandukan Cawor. Beberapa menit berikutnya, tepatnya menit ke-92, lagi-lagi mistar gawang menggagalkan peluang emas Sleman. Kali ini giliran tandukan bek tengah PSS, Thales Lira yang membentur mistar gawang dan mental. Kedua tim akhirnya berbagi satu poin dengan skor 2-2 hingga akhir laga. 

Seusai laga Pelatih Kepala PSS Sleman, Bertrand Crasson mengungkapkan bila para pemainnya telah menunjukan permainan yang baik. Crasson melihat sendiri bagaimana para pemain bersemangat, berjuang, menciptakan peluang hingga mencetak gol dalam laga ini. 

"Di akhir kita kehilangan dua poin hari ini, kita layak untuk menang, itu jelas. Semua orang bisa melihatnya, semua orang akan sepakat dengan itu. Ini lah sepak bola," kata Crasson pada Sabtu (21/10/2023).

Pertandingan kali ini menjadi modal bagi tim untuk menyongsong pertandingan berikutnya. Crasson memuji para pemain yang bertarung untuk mendapatkan setiap bola dan berlari selama laga. Para pemain lanjut Crasson telah menunjukan tekad mereka untuk menyuguhkan suatu penampilan yang benar.

BACA JUGA : Dua Gol Bersama Timnas, Jadi Pendongkrak Semangat Hokky Caraka

"Ini pengalaman yang harus mereka pelajari. Saya melihat para pemain melakukan banyak perbaikan hari ini," ucapnya.

Pelatih Persik Kediri, Marcelo Rospide mengungkapkan bila timnya sempat hampir kalah tapi juga berkesempatan untuk menang. Marcelo juga memuji PSS Sleman yang dinilai menjadi lawan yang sangat tangguh.

"Lawan kita sangat-sangat kuat. Saya pikir pada akhirnya hasil pertandingan ini adil [untuk keduanya]," tuturnya.

Marcelo melanjutkan jika sebenarnya tim datang dengan tekad ingin memperbaiki posisi di klasemen. Namun sekali lagi, bermain tandang ke kandang lawan tentu bukan perkara yang mudah kata Marcelo. Di laga berikutnya, Marcelo ingin tim mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Dengan hasil imbang, kedua tim tak beranjak dari posisinya masing-masing. PSS Sleman tetap bertengger di posisi 14 dengan torehan 19 poin. Sementara Persik Kediri berada di posisi 12 dengan mengemas 20 poin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menteri Keamanan AS Sebut Terorisme Kembali Muncul dan Jadi Ancaman

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement