Advertisement

Legenda Sepakbola Inggris Bobby Charlton Meninggal Dunia, Begini Profilnya...

Taufan Bara Mukti
Minggu, 22 Oktober 2023 - 16:17 WIB
Arief Junianto
Legenda Sepakbola Inggris Bobby Charlton Meninggal Dunia, Begini Profilnya... Bobby Charlton. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Legenda sepak bola Manchester United, Sir Bobby Charlton, meninggal dunia pada usia 86 tahun.

Mantan pesepak bola asal Inggris Sir Bobby Charlton meninggal dunia pada Sabtu (21/10/2023) waktu setempat. Ucapan belasungkawa langsung disampaikan oleh tim yang 17 tahun (1956-1973) dibela Sir Bobby Charlton, Manchester United.

Advertisement

"Manchester United sedang berduka menyusul meninggalnya Sir Bobby Charlton, salah satu pemain terhebat dan sangat dicintai dalam sejarah klub kami," tulis Manchester United dalam pernyataan resminya.

Manchester United menyebut Bobby Charlton adalah pahlawan sepak bola, tak hanya untuk Manchester United tetapi juga seluruh dunia. Pemain Timnas Inggris di Piala Dunia 1966 itu meninggal dunia setelah melawan penyakit demensia yang telah lama ia derita.

Meninggalnya Bobby Charlton hanya berselisih sekitar seminggu setelah merayakan ulang tahun yang ke-86.

Profil Bobby Charlton

Pria dengan nama asli Robert Charlton ini lahir pada 11 Oktober 1937 di Ashington, Inggris. Charlton sudah memulai karier sepak bolanya sejak 1953 dengan masuk ke akademi Manchester United.

Tak butuh waktu lama, pemain yang bisa beroperasi sebagai gelandang dan penyerang ini menembus tim utama Manchester United pada 1956. Di awal kariernya, Charlton langsung mengalami tragedi mengerikan yakni Munich Air Disaster pada awal 1958.

Kala itu, pesawat yang mengangkut pasukan Manchester United dari Bandara Zemun, Serbia, mampir ke Munchen (Munich) untuk mengisi bahan bakar. Namun, saat terbang untuk kembali ke Inggris, pesawat tersebut mengalami kecelakaan.

Total 23 korban meninggal dunia akibat kejadian tersebut, delapan di antaranya pemain Manchester United. Dari total 8 pemain lain yang selamat, dua di antaranya yakni Johnny Berry dan Jackie Blanchflower mengalami cedera parah dan tak melanjutkan karier sepak bolanya.

Berbeda dengan Charlton yang keluar pertama dari rumah sakit, ia meneruskan karier di sepak bola dan mencapai masa kejayaan. Sepanjang kariernya, Charlton telah menyumbang 3 trofi Liga Inggris (First Division, sebelum Premier League) pada 1956-1957, 1964-1965, dan 1966-1967.

BACA JUGA: Jack Charlton, Legenda Sepak Bola Inggris, Meninggal Dunia

Charlton juga mempersembahkan satu gelar Piala Champions 1967-1968 kala mengalahkan Benfica di partai final. Dia menjadi pahlawan dengan mencetak dua gol, gol pembuka dan penutup, untuk memastikan gelar juara untuk Manchester United.

Gelar Piala/Liga Champions itu sekaligus menandai 10 tahun tragedi Munchen menimpa tim beralias Setan Merah tersebut. Pada tahun yang sama, Bobby Charlton menyabet gelar Ballon d'Or alias Pemain Terbaik Dunia.

Di level tim nasional, Charlton sukses mengantar Inggris menjadi juara Piala Dunia 1966 saat menjadi tuan rumah. Menantang Jerman Barat di partai final, Inggris menang dramatis 4-2 lewat babak tambahan usai imbang 2-2 di waktu normal.

Capaian itu membuat perjalanan Charlton "komplet" sebagai pemain karena telah memenangi Piala Champions, Piala Dunia, dan Pemain Terbaik Dunia. Hingga kini, hanya Sembilan pemain yang bisa mencapai prestasi itu, yang terbaru adalah Lionel Messi usai membawa timnas Argentina juara Piala Dunia 2022.

Atas jasa dan dedikasinya untuk sepak bola, Bobby Charlton mendapat gelar kehormatan "Knight of Bachelor" dari Ratu Inggris.

Sebelum itu, Bobby Charlton sudah mendapat penghargaan Officer of the Most Excellent Order of the British Empire (OBE) pada 1969 dan Commander of the Most Excellent Order of the British Empire (CBE) 1974. Pada 2016, untuk menghargai jasa-jasa Charlton, Manchester United mengubah nama Tribune Selatan Stadion Old Trafford dengan nama Sir Bobby Charlton Stand.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

10 Ucapan Selamat Hari Pendidikan Nasional, Bisa Buat Caption Instagram

News
| Rabu, 01 Mei 2024, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement