Advertisement

Resmi, PSIM Datangkan Center Bek Asal Korsel Perkuat Lini Belakang Tim

Yosef Leon
Senin, 30 Oktober 2023 - 16:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
Resmi, PSIM Datangkan Center Bek Asal Korsel Perkuat Lini Belakang Tim PSIM Jogja vs Bekasi City. - Instagram psimjogja_official

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—PSIM Jogja resmi merekrut center bek asal Korea Selatan (Korsel) yakni Kim Bong-jin untuk sisa putaran kedua musim 2023. Pemain yang sebelumnya berstatus free agen atau tanpa klub itu menjadi pemain asing pertama yang berseragam Laskar Mataram di bursa transfer paruh musim ini. 

Sebelumnya PSIM telah memutus kontrak dua pemain asingnya yakni Aleksandar Rakic dan Andreas Esswein. Keduanya dikeluarkan lantaran permainannya yang dianggap belum optimal. Alhasil, klub kebanggaan warga Jogja itu pun kembali berburu pemain asing untuk menggapai asa promosi ke Liga 1. 

Advertisement

Baca Juga: Arya Gerryan Bergabung ke PSIM Jogja dengan Status Pinjaman

Kim Bong-jin dikabarkan sudah mendarat sejak pekan lalu dan sore ini dia dikabarkan sudah bergabung untuk menjalani latihan rutin dengan skuad Laskar Mataram. Pemain berusia 33 tahun ini sebelumnya membela Nakhonsi United, klub divisi kedua Liga Thailand dan menganggur sejak 14 Desember 2022 lalu. 

Pengalaman sepak bola pemain dengan tinggi badan 182 sentimeter ini banyak dihabiskan di negara kelahirannya yakni Korsel. Tercatat dia pernah membela Dongbuk MS, Doonchon MS, Gangwon FC dan lainnya. Kemudian ia juga pernah mencicipi Liga Hongkong saat berseragam Kitchee. 

Baca Juga: Hapidin Resmi Hengkang dari PSIM Jogja

Pada musim 2018/2019 ia dikontrak Hoang Anh Gia Lai FC, klub Divisi Pertama Liga Vietnam, selanjutnya ia juga pernah membela Petaling Jaya City FC di Malaysia. Selain berposisi sebagai bek tengah, Kim Bong-jin juga dapat dimainkan di gelandang bertahan dan bek kiri. 

"Untuk pemain asing, kalau yang Korea sudah datang. Sementara yang asing lainnya hari Rabu sudah datang. Kim Bong-jin nanti sore sudah datang latihan," kata pelatih kepala PSIM Jogja Kas Hartadi, Senin (30/10/2023). 

Baca Juga: Pakai Jersei Tandang, PSIM Menang Perdana di Kandang, Kas Hartadi: 3 Poin atau Didemo

Kas menyebut, direkrutnya Kim Bong-jin merupakan hasil rembukan antara dirinya dan juga manajemen. Selain itu pihaknya mengaku juga belajar dengan pembelian Rakic dan Esswein yang kurang memuaskan, sehingga diharapkan pemain yang baru bergabung untuk putaran kedua ini langsung tampil maksimal. 

"Alasan memilih pemain Korea untuk mengisi bagian stopper pemain belakang. Untuk menemani antara Faris dan Purwaka," jelasnya. 

Mantan pelatih Dewa United ini mengakui bahwa Kim Bong-jin sama sekali belum pernah bermain di Liga Indonesia. Hanya saja keputusan sudah diambil dan diharapkan pemain yang dipilih bisa segera beradaptasi dan siap diturunkan lantaran jeda transfer tengah musim tidak dibarengi dengan berhentinya pertandingan liga. 

"Harapanya pemain asing ya lebih berkualitas di atas pemain lokal. Persiapannya memang mepet kan, mudah-mudahan bisa cepat beradaptasi," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadwal Groundbreaking Ke-9 IKN Mundur dari Jadwal, Menteri Basuki Beberkan Alasannya

News
| Minggu, 06 Oktober 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Jogja lewat Diorama

Wisata
| Rabu, 02 Oktober 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement