Advertisement

Buntut Rusuh PSIS Vs PSS, 3 Suporter Super Elja Dilarang Datang ke Stadion Selama 5 Tahun

Sugeng Pranyoto
Rabu, 20 Desember 2023 - 17:37 WIB
Arief Junianto
Buntut Rusuh PSIS Vs PSS, 3 Suporter Super Elja Dilarang Datang ke Stadion Selama 5 Tahun Pemain dan ofisial tim PSIS Semarang dan PSS Sleman memasuki lapangan saat kericuhan di penghujung pertandingan di Stadion Jatidiri Semarang, Minggu (3/12/2023). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Komisi Disiplin PSSI menjatuhkan sanksi kepada tiga suporter PSS Sleman berupa larangan memasuki stadion di seluruh Indonesia selama lima tahun. Sanksi itu dijatuhkan Komdis PSSI setelah menggelar sidang, Rabu (13/12/2023) lalu.

Dikutip dari laman resmi PSSI, Rabu (20/12/2023), ketiga suporter yang dijatuhi sanksi itu yakni Heriyanto, Panji Pramono, Sulistyono.

Advertisement

Mereka hadir dalam laga PSIS Semarang vs PSS Sleman pada Minggu (3/12/2023). Padahal sesuai regulasi, suporter tim tamu dilarang untuk mendukung kesebelasannya selama kompetisi Liga 1 berlangsung.

Kebijakan itu diambil pascatragedi Kanjuruhan, Malang, beberapa waktu lalu.

Mereka dinilai sengaja hadir di Stadion Jatidiri Semarang, serta terjadi kerusuhan, pengerusakan yang terdapat korban luka-luka. “Hukuman sanksi larangan memasuki stadion di seluruh Indonesia selama 5 tahun,” begitu bunyi putusan Komdis PSSI dikutip laman resmi PSSI.

Dalam kasus yang sama berdasarkan hasil Sidang Komite Banding PSSI mengabulkan banding yang diajukan PSIS Semarang.

BACA JUGA: Pemain PSS Sleman Hokky Caraka Kembali Dipanggil Ikut Pemusatan Latihan Timnas

Sebelumnya terkait dengan kerusuhan dalam laga PSIS melawan PSS Sleman, Komdis memberikan sanksi Mahesa Jenar berupa larangan menyelenggarakan pertandingan dengan penonton saat menjadi tuan rumah, sejak keputusan ini diterbitkan dan berlaku pada pertandingan terdekat sampai dengan Kompetisi BRI Liga 1 Tahun 2023-2024 berakhir. Selain itu, PSIS juga didenda Rp25 juta.

Namun Komisi Banding PSSI kemudian menerima banding yang diajukan manajemen PSIS Semarang. “Sanksi penutupan sebagian stadion [tribune utara] dalam menyelenggarakan pertandingan saat menjadi tuan rumah Kompetisi BRI Liga 1 Tahun 2023-2024 berakhir, berlaku mulai pertandingan terdekat, denda Rp25 juta,” begitu bunyi putusan Komisi Banding.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

12 Pesawat Tempur China Terbang Rendah di Wilayah Taiwan

News
| Sabtu, 27 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement