Advertisement

Garuda Kalah di Laga Pertama Piala Asia 2023, Shin Tae-yong Kritik Keras Gol Kontroversial Irak

Andhika Anggoro Wening
Selasa, 16 Januari 2024 - 13:57 WIB
Arief Junianto
Garuda Kalah di Laga Pertama Piala Asia 2023, Shin Tae-yong Kritik Keras Gol Kontroversial Irak Pesepak bola Timnas Indonesia Marcelino Ferdinan (tengah) berselebrasi bersama rekannya seusai mencetak gol ke gawang Irak, Senin (15/1/2024). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Laga pertama Grup D Piala Asia 2023 antara Indonesia vs Irak dimenangkan oleh Irak dengan skor 1-3. Dalam laga yang digelar di Stadion Ahmad bin Ali, Senin (15/1/2024) malam WIB itu, satu gol Irak dianggap kontroversial lantaran berbau offside.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberi selamat kepada Timnas Irak yang berhasil menang di pertandingan ini. "Pertama-tama, selamat untuk tim Irak yang menang dalam laga ini. Meski begitu, timnas Indonesia menunjukkan perjuangan terbaik, dan performa yang bagus di laga ini," kata Shin Tae-yong dalam situs resmi PSSI, Selasa (16/1/2024).

Advertisement

Selain itu, Shin juga mengkritik keras keputusan wasit yang mengesahkan gol kedua Irak yang dicetak oleh Osamah Rashid.

Menurutnya, pemain Irak lainnya yakni  Mohanad Ali sudah ada dalam posisi offside sebelum terjadinya gol. "Saya tidak tahu mengapa gol kedua tidak dianggap offside. Itu 100 persen offside, jika ini adalah benar keputusan yang salah dari wasit, kami menyayangkan itu, apalagi terjadi di momen penting," kata Shin.

Seusai menghadapi Irak, Indonesia akan bertemu dengan Vietnam di Abdullah bin Khalifa Stadium, Jumat (19/1/2024) mendatang.

Kemenangan wajib didapat jika ingin menjaga asa lolos ke babak 16 besar.

Jalannya Pertandingan

Di babak pertama, Irak langsung mendapat peluang di menit ketiga babak pertama lewat sundulan Osama Rashid, Beruntung sundulan pemain nomor 20 itu masih melenceng dari gawang Indonesia yang dijaga Ernando Ari. Tidak mau tinggal diam, skuad Garuda juga langsung menggebrak pertahanan Irak semenit kemudian.

Berawal dari lemparan ke dalam yang dilakukan Pratama Arhan, bola liar disepak Marselino Ferdinan membentur mistar gawang Irak yang dijaga Jalal Hassan.

Hingga menit ke-10, pertandingan Indonesia vs Irak berjalan seimbang. Irak mencoba membongkar pertahanan Indonesia dengan mengirim crossing ke kotak penalti.

Irak kembali mendapat peluang pada menit ke-13. Umpan sepak pojok pemain Irak malah mengenai kepala Jordi Amat dan membentur mistar gawang Indonesia.

Gawang Indonesia yang dijaga Ernando Ari akhirnya jebol juga pada menit ke-17. Striker Irak, Mohanad Ali yang menerima umpan terobosan bisa melewati Elkan Baggott, dengan bebas menyepak bola ke gawang tanpa bisa dihalau Ernando.

Selepas gol ini, Irak terus menggempur pertahanan Indonesia. Sedangkan anak asuh Shin Tae-yong mengandalkan serangan balik lewat Yacob Sayuri dan Marselino Ferdinan.

Hingga menit ke-25, skor tetap 1-0 untuk keunggulan Irak atas Indonesia.

Goollllllll. Indonesia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit 37 lewat sepakan Marselino.

Berawal dari pergerakan brilian Yacob Sayuri dari sisi kanan yang mengirim umpan ke sisi sebelah kiri, Marselino yang tidak terjaga langsung menyepak bola ke dalam gawang.

Irak kembali unggul di akhir-akhir pertandingan lewat gol sontekan Osama Rashid. Wasit sempat mengecek VAR untuk melihat posisi pemain Irak yang dianggap offside sebelum gol. Hingga pertandingan babak pertama berakhir, Irak unggul 2-1 atas Indonesia.

Di babak kedua, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memasukkan Witan Sulaeman menggantikan Asnawi. Tim Merah-Putih sempat tampil lebih baik dan mendapatkan beberapa peluang.

Di saat Timnas Indonesia sedang berusaha untuk menyamakan kedudukan, Irak justru berhasil menambah keunggulan menjadi 1-3 pada menit ke-75. Gol ketiga Irak dilesakkan Aymen Hussein setelah memenangkan duel udara dengan Rizky Ridho di dalam kotak penalti.

BACA JUGA: Hasil Piala Asia 2023, Indonesia Kalah 1-3 dari Irak

Bola yang bergulir di depan gawang Ernando langsung disambar dengan sepakan keras oleh pemain bernomor punggung 18 tersebut.

Setelah gol itu, Shin Tae-yong kembali memasukkan tenaga baru, yakni Ricky Kambuaya, Marc Klok dan Dimas Drajad.

Namun, upaya itu tidak membuahkan hasil karena skor 1-3 untuk kemenangan Irak tak berubah hingga wasit Ilgiz Tantashev dari Uzbekistan meniup peluit panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

3 Jenazah Pesawat Jatuh BSD Tiba di RS Polri, Posko Ante mortem dan Post Mortem Dibuka

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement