Advertisement

Bekuk Afrika Selatan lewat Babak Adu Penalti, Pelatih Nigeria: Kami Memang Pantas ke Final

Newswire
Kamis, 08 Februari 2024 - 16:27 WIB
Arief Junianto
Bekuk Afrika Selatan lewat Babak Adu Penalti, Pelatih Nigeria: Kami Memang Pantas ke Final Bek Nigeria, William Troost-Ekong (tengah) merayakan selebrasi gol pertama timnya dari titik penalti pada laga semifinal Piala Afrika 2024, Rabu (7/2/2024). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pelatih Timnas Nigeria, Jose Peseiro mengatakan tim asuhannya memang pantas berada di final Piala Afrika 2023 Pantai Gading setelah membekuk perlawanan Afrika Selatan melalui drama adu penalti 4-2.

Adu penalti kedua tim tersebut dilangsungkan mengingat kedua tim bermain imbang 1-1 hingga babak tambahan waktu pada semifinal di Stadion de la Paix, Pantai Gading, Kamis (8/2/2024) WIB.

Advertisement

“Para pemain pantas berada di final, ini adalah kemenangan yang sangat bagus melawan tim yang bagus," kata pelatih asal Portugal itu, melansir dari CAF, Kamis.

Pada laga itu, Nigeria hampir menyegel kemenangan pada waktu normal ketika gol William Troost-Ekong (67') terlihat akan menjadi satu-satunya gol pada laga itu sebelum kemudian drama terjadi ketika gol Victor Osimhen di menit-menit akhir dibatalkan oleh Video Assistans Referee (VAR) dan malah berbuah penalti untuk Afrika Selatan yang tak disia-siakan oleh Tebeho Mokoena (90')

Di babak adu penalti, Ola Aina menjadi satu-satunya algojo Nigeria yang gagal. Namun, Super Eagles keluar sebagai pemenang setelah kipernya Stanley Nwabali melakukan penyelamatan gemilang dengan menahan dua penendang Afrika Selatan, Teboho Mokoena dan Evidence Makgopa. “Penampilan tim sangat bagus sepanjang turnamen ini. Saya sangat mengapresiasi manajemen dan pelatih,” tambah Nwabali.

BACA JUGA: Pantai Gading Lolos Putaran Final Piala Afrika, Pelatih: Ini Bagai Mimpi

Seusai mengantarkan timnya ke final, Peseiro tak lupa memberi penghormatan pada penampilan Afrika Selatan di semifinal yang menurutnya tampil sangat baik.

"Saya katakan sebelumnya bahwa Afrika Selatan mempunyai organisasi terbaik karena mereka bermain bersama dan menciptakan lebih banyak masalah bagi kami. Sangat sulit untuk mengalahkan mereka,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Panggil Dirjen Anggaran Kemenkeu Terkait Dugaan Kasus Gratifikasi Eks Bupati Kukar

News
| Selasa, 22 Oktober 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement