Advertisement

Warung Mi Ayam Jadi Sponsor Persiba Bantul di Liga 3, Begini Ceritanya

Jumali
Jum'at, 19 April 2024 - 16:42 WIB
Budi Cahyana
Warung Mi Ayam Jadi Sponsor Persiba Bantul di Liga 3, Begini Ceritanya Pemilik Mie Ayam Pak Sarmintul Veta Mandra Perdana Putra dan Manajer Persiba Bantul, Endro Bawono berfoto bersama seusai penandatanganan kerja sama beberapa waktu lalu. - Dok Persiba Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTULPersiba Bantul mendapatkan sponsor warung mi ayam untuk mengarungi Liga 3 musim ini. Semua berawal dari keinginan menjadi bagian sejarah klub dan izin dari istri.

Restu istri adalah segalanya. Istilah ini mungkin cocok disematkan untuk Veta Mandra Perdana Putra, 41. Tanpa restu istri, pria asal Jambidan, Banguntapan itu tidak bisa asal mengambil keputusan penting dalam hidupnya, termasuk memulai bisnis kuliner pada 2020 lalu. "Pada November 2020 lalu, atas izin istri saya mencoba peruntungan untuk membuka warung Mie Ayam Pak Sarmintul di seberang Stadion Sultan Agung Bantul," kata Veta, Kamis (18/4).

Advertisement

Perlahan tetapi pasti, warung mi ayam milik Veta mulai ramai. Banyak yang menjadikan warung Mie Ayam Pak Sarmintul sebagai jujugan makan mi ayam favorit. Hingga akhirnya Veta membuka cabang Mie Ayam Pak Sarmintul di Jalan Kemasan. “Dalam perkembangannya, cabang di Jalan Kemasan itu kami pindah ke Gor Klebengan," ujar Veta.

BACA JUGA: Berikut Tim yang Lolos ke Semifinal Liga Europa 2024 dan Jadwal Pertandingannya

Veta kemudian memutuskan Mie Ayam Sarmintul menjadi sponsor tim yang berlaga di Liga 3, Persiba Bantul. Veta telah berdiskusi dan mendapatkan restu dari istrinya.

"Saya memang senang dengan Persiba Bantul. Kebetulan saya asli Bantul, dan istri saya mengizinkan saya untuk mensponsori Persiba Bantul," kata mantan anggota Bagian Humas dan Media Paserbumi pada periode 2007/2008 ini.

Setelah mendapatkan izin tersebut, eks pegawai BUMN tersebut akhirnya membulatkan tekad untuk menjadi sponsor Persiba. Bagi dia, mensponsori Persiba Bantul sama saja dengan menebus hilangnya kebersamaan dengan tim kebanggaan warga Bumi Projotamansari. Mulai medio 2010, Veta tidak aktif lagi di Persiba karena disibukkan dengan pekerjaan. Padahal, dia masih ingin memberikan sumbangsih bagi Persiba Bantul.

"Selain itu, ada permintaan dari sejumlah follower dari akun media sosial X dan Instagram Mie Ayam Pak Sarmintul. Ada yang mention, bilang kalau ada logo Mie Ayam Pak Sarminto di jersey Persiba akan lebih wangun [pantas]," kata Veta.

Tidak hanya itu, ada juga pesan di Instagram akun Persiba Bantul yang meminta nomor telepon milik Veta. Veta pun berkomunikasi dengan Sekretaris Persiba Novri mengenai kemungkinan menjadi sponsor.

"Itu di bulan November 2023, saat Persiba masih bertanding di tingkat regional. Saya sebenarnya telat mengetahui, tetapi alhamdulillah masih bisa menjadi sponsor dan masih kebagian menempelkan sponsor di iboard, tiket, dan backdrop untuk konferensi pers," ujar Veta.

BACA JUGA: 4 Tim Pastikan Lolos Semifinal Liga Conference, Ada Aston Villa, Olympiacos hingga Fiorentina

Kerja sama akhirnya berlanjut setelah Persiba lolos ke Liga 3 Nasional. Veta menerima tawaran paket bronze dari Persiba Bantul. Logo Mie Ayam Pak Sarminto dipasang di sisi lengan jersey pada kompetisi Liga 3 Nasional. Jika mengacu pada jenis tawaran yang diambil Veta, nilai kerja sama dengan Persiba mencapai puluhan juta rupiah.

“Persiba targetnya naik ke Liga 2. Jadi jika nanti Persiba promosi ke Liga 2 dengan jersey yang ada logo kami, kami akan mencatat sejarah dan ini menjadi kenangan bagi para pandemen Persiba," kata Veta.

Veta tidak terlalu banyak memikirkan segi bisnis saat menjadi sponsor Persiba. Sebagai suporter, dia tidak berpikir tentang kenaikan omzet penjualan Mie Ayam Pak Sarminto. "Menjadi sponsor di Liga 3 tingkat regional ada pengaruhnya terhadap penjualan mi ayam, tetapi bukan itu sebenarnya tujuan utamanya. Saya suka Persiba dan ingin menjadi bagian sejarah Persiba saat promosi ke Liga 2," jelas Veta.

Manajer Persiba Bantul Endro Bawono mengatakan logo Mie Ayam Pak Sarmintul menempel di lengan jersey Persiba Bantul. "Sebenarnya Mie Ayam Pak Sarmintul sudah support kami di kompetisi Liga 3 seri DIY, tapi sebagai sponsor kompetisi, seperti i-board, tiket, dan backdrop-nya. Kemudian, di kompetisi Liga 3 Nasional, Mie Ayam Pak Sarmintul menjadi bagian sponsor karena mengambil paket bronze. Jadi logonya menempel di lengan," katanya.

Endro mengungkapkan selain Mie Ayam Sarmintul, sudah ada empat sponsor Persiba Bantul pada kompetisi Liga 3 Nasional. Jersey Persiba disponsori Total Apparel. Selain itu ada minuman Cheers dan Saka Tembi yang juga menempel di kaus klub. "Untuk sponsor utama, kami masih bekerja sama dengan Muncul Grup. Nantinya logonya menempel di dada," ungkap Endro.

Endro berharap sejumlah UMKM akan mengikuti langkah Saka Tembi dan Mie Ayam Pak Sarmintul menjadi sponsor Persiba Bantul. "Demi kemajuan Persiba Bantul dan kemajuan UMKM yang ada di Bantul. Kami berharap bisa bersinergi dengan UMKM yang ada," kata Endro. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Airlangga Bertemu Sekjen Cormann, Tegaskan Komitmen Percepat Proses Keanggotaan Indonesia.

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement