Advertisement

Puji Hasil Timnas Indonesia Selama Piala Asia U-23, STY Sebut Kekalahan Garuda Muda atas Irak Karena Faktor Ini

Newswire
Jum'at, 03 Mei 2024 - 07:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Puji Hasil Timnas Indonesia Selama Piala Asia U-23, STY Sebut Kekalahan Garuda Muda atas Irak Karena Faktor Ini Pelatih timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong menjawab pertanyaan pewarta di Hotel Le Meridien, Jakarta, Senin (1/4/2024). - Antara - Rauf Adipati

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Shin Tae-yong, Pelatih tim nasional Indonesia U-23 mengungkap skuadnya pantas mendapatkan pujian atas hasil selama Piala Asia U-23 2024.

Timnas Garuda Muda yang berstatus debutan takluk 1-2 atas Irak pada pertandingan perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis (2/5/2024)

Advertisement

BACA JUGA: Amankan Tiket Olimpiade Paris 2024, Timnas Indonesia U-23 Tinggal Melawan Guinea pada Kamis 9 Mei 2024

"Mungkin semua orang beranggapan performa Indonesia begitu dramatis sejak pertandingan pertama dalam turnamen ini. Saya rasa tim ini pantas mendapatkan pujian atas hasil yang diberikan," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai pertandingan.

Garuda Muda mencatat sejarah dengan melaju ke babak semifinal sebelum dihentikan Uzbekistan dan takluk kepada Irak pada perebutan tempat ketiga yang sekaligus menunda asa Indonesia mendapatkan tiket Olimpiade melalui jalur zona Asia.

Dalam pertandingan perebutan tempat ketiga, Indonesia memimpin terlebih dahulu melalui gol Ivar Jenner pada menit ke-19, sebelum Zaid Tahseen Hantoosh menyamakan kedudukan pada menit ke-27.

Irak membalikkan keadaan saat gol Ali Jasim pada babak perpanjangan pertama mengubah skor menjadi 2-1.

BACA JUGA: Timnas Indonesia Kalah 1-2 dari Irak pada Laga Perebutan Juara 3 Piala Asia 2024

"Selamat kepada Irak yang melaju ke Olimpiade... selama pertandingan ini kedua tim berjuang keras untuk berebut peringkat ketiga dan melaju ke Olimpiade. Kedua tim bermain begitu baik dan saya sangat berterima kasih kepada tim Indonesia yang bekerja keras di pertandingan ini," kata Shin.

Garuda Muda tetap berpeluang melaju ke Olimpiade Paris 2024 melalui pertandingan playoff melawan tempat keempat Piala Afrika U23 2023, Guinea, pada 9 Mei pekan depan di Prancis.

Penyebab Kekalahan

STY menilai perbedaan kedalaman skuad dalam tim menjadi faktor kunci kemenangan Irak. "Saya rasa Irak bermain cukup baik pada babak kedua. Kita semua bisa melihat dalam semua pertandingan bahwa kami tidak cukup solid dari setiap performa individu," kata Shin dalam konferensi pers eusai pertandingan.

"Ada perbedaan dalam level performa individu, pada setiap pertandingan kami hampir memainkan sebelas pemain yang sama, mungkin itu jadi kesulitan bagi tim kami untuk menyamai level mereka," tambah pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Garuda Muda unggul terlebih dahulu melalui gol Ivar Jenner pada menit ke-19, sebelum Zaid Tahseen Hantoosh menyamakan kedudukan pada menit ke-27. Irak membalikkan keadaan saat gol Ali Jasim pada babak perpanjangan pertama mengubah skor menjadi 2-1.

Meski takluk kepada Irak, Marselino Ferdinan dan kawan-kawan masih berpeluang menyegel satu tiket Olimpiade Paris 2024 melalui jalur pertandingan play-off.

Indonesia akan melawan tempat keempat Piala Afrika U23 2023, Guinea, pada 9 Mei pekan depan di Prancis.

STY mengatakan akan fokus memulihkan stamina para pemain pada jangka waktu 2-3 hari ke depan sebelum mempersiapkan strategi dan analisis menjelang laga menghadapi Guinea.

"Tentu para pemain tampak lelah dan kehabisan stamina, saya berpikir selama 2-3 hari ke depan mereka akan fokus untuk pemulihan. Saya akan berusaha sebaik mungkin untuk memanfaatkan peluang yang ada dan membawa tim ini mengamankan tempat di Olimpiade," kata Shin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mau Mengikuti Rangkaian Acara Waisak di Candi Borobudur? Simak Aturannya!

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement