Advertisement

Kubur Mimpi Berlaga di Olimpiade, Indonesia Dikalahkan Guinea 0-1, Shin Tae-yong Diusir Wasit

Arief Junianto
Kamis, 09 Mei 2024 - 22:17 WIB
Arief Junianto
Kubur Mimpi Berlaga di Olimpiade, Indonesia Dikalahkan Guinea 0-1, Shin Tae-yong Diusir Wasit Timnas U-23 Indonesia. - Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Laga playoff Olimpiade Paris 2024 antara Indonesia vs Guinea berakhir dengan skor 0-1. Dalam laga yang digelar Clairefontaine, Paris, Kamis (9/5/2024) malam WIB tersebut, satu-satunya gol Guinea dicetak olah Moribba Kourouma di menit ke-28 melalui tendangan penalti.

Meski harus mengubur mimpinya berlaga di Olimpiade Paris 2024, perjuangan skuad Garuda Muda patut diapresiasi.

Advertisement

Menghadapi peringkat empat Piala Afrika U-23 2023, Timnas Indonesia U-23 menampilkan permainan terbuka. Tidak ada kesan anak asuh Shin Tae Yong menerapkan permainan bertahan.

Pemain skuad Garuda Muda menghadapi perlawanan alot Guinea yang berupaya terus menekan. Witan Sulaeman dan kawan-kawan terpaksa lebih banyak bermain di daerah permainan sendiri.

Jalannya Pertandingan

Dalam laga itu, Garuda Muda yang kehilangan sejumlah pemain andalannya, kesulitan mengembangkan permainan.

Alhasil, peluang pertama diciptakan Guinea. Aguibou Camara melepaskan tembakan spekulasi dari luar kotak penalti, beruntung masih melambung.

Di menit ke-12, lini pertahanan Garuda Muda kembali diuji. Kali ini, M. Ferrari sukses melakukan penyelamatan setelah berhasil menyapu bola di gawang.

Di menit ke-19, Witan mengalami insiden cukup parah. Saat melakukan sundulan, kepalanya berbenturan dengan kepala pemain Guinea. Akibatnya, tim medis harus memasangkan perban pada kepala pemain Garuda Muda bernomor punggung 8 itu.

Akhirnya, shot on goal pertama Garuda Muda tercipta di laga tersebut setelah Pratama Arhan mengejar bola terobosan. Dengan sedikit gocekan, Arhan melepaskan tendangan. Sayangnya, tendangan itu terlalu lemah dan berhasil diamankan kiper Guiena, Soumailla Sylla.

Petaka dialami Indonesia ketika berawal dari serangan balik Guinea. Witan Sulaiman melakukan pelanggaran di kotak penalti.

Pemain bernomor punggung 10, Moribba Kourouma yang bertindang sebagai eksekutor, sukses melakukan tugasnya. Tendangannya gagal diantisipasi oleh kiper Timnas Indonesia, Ernando Ari. Skor pun berubah menjadi 0-1 untuk Guinea dan bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, tempo permainan kedua tim tak banyak berubah.

Timnas Guinea kembali menyerang pertahanan Indonesia. Guinea nyaris mencetak gol pada menit ke-53, tetapi sepakan Saidow Sou dari dalam kotak penalti ke gawang yang kosong bisa dihalau oleh Nathan Tjoe A On.

Indonesia punya peluang pada menit ke-60, tetapi sundulan Alfeandra Dewangga yang menerima umpan Nathan melenceng tipis dari gawang Guinea.

Pelatih Shin Tae-yong memasukkan Ramadan Sananta menggantikan Jeam Kelly Stroyer untuk menambah daya gedor, Hingga menit ke-65 babak kedua, Hasil Indonesia vs Guinea U23 masih 0-1.

BACA JUGA: Babak Pertama Playoff Olimpiade, Indonesia Tertinggal 0-1 dari Guinea

Petaka kembali dialami Garuda Muda. Di menit ke-76, wasit Francois Letexier asal Prancis kembali menunjuk titik putih penalti setelah menganggap tekling Alfeandra Dewangga merupakan pelanggaran.

Tak hanya itu, Pelatih Shin Tae-yong yang melakukan protes keras lantaran menganggap tekling Dewangga itu bersih, dikartu merah oleh wasit.

Setelah sempat memanas lantaran protes yang dilancarkan kubu Indonesia, pertandingan kembali dilanjutkan.

Beruntung, Algassime Bah yang mengeksekusi penalti, gagal menjalankan tugasnya. Tendangannya membentur tiang gawang Garuda Muda. Skor pun tak berubah hingga pertandingan berakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

World Water Forum 2024, Presiden WWC: Saatnya Jadi Pendekar Air

News
| Senin, 20 Mei 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement