Advertisement

Harga Tiket Indonesia Lawan Irak dan Filipina Banyak Dikritik, PSSI: Timnas Butuh Dana Besar

Lukman Nur Hakim
Kamis, 16 Mei 2024 - 19:17 WIB
Arief Junianto
Harga Tiket Indonesia Lawan Irak dan Filipina Banyak Dikritik, PSSI: Timnas Butuh Dana Besar Timnas Indonesia. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—PSSI merespons naiknya harga tiket Timnas Indonesia melawan Irak dan Filipina pada fase grup putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Anggota Komisi Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga mengatakan bahwa kenaikan harga tiket ini sangat berat dilakukan oleh PSSI. Akan tetapi seiring meningkatnya kualitas Timnas Indonesia, Arya menyebut hal tersebut memerlukan pendanaan yang semakin besar juga.

Advertisement

"Perlu kalian tahu, ini memang berat sekali bagi kami untuk membuat harga seperti sekarang ini. Kenapa? Karena kalau timnasnya makin kuat, butuh pendanaan makin besar," kata Arya, Kamis (16/5/2024).

Arya pun menyebut harga tiket Timnas yang saat ini mengalami kenaikan seiring dengan adanya peningkatan dari kualitas Timnas Indonesia. Contohnya, saat Piala Asia U-23, Timnas U-23 Indonesia lolos hingga babak semifinal sehingga membutuhkan dana tambahan untuk penginapan dan akomodasi lainnya di Qatar.

Selain itu, setelah kalah pada babak semifinal dan perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024 melawan Irak, pendanaan Timnas kembali bertambah untuk melakoni laga playoff melawan Guinea di Paris untuk merebutkan tiket Olimpiade 2024.

"Karena kami mengejar Olimpiade 2024 Paris, ketika kami kalah kemarin [vs Irak U-23], kami masuk playoff. Butuh pendanaan lagi, naik pesawat, kemudian akomodasi, dan sebagainya. Yang tadinya cukup mungkin dari Doha, Qatar, ini ke Paris, Prancis, lalu ke Indonesia," ujarnya.

Selain faktor Piala Asia U-23, Arya pun mengatakan kenaikan ini juga selaras dengan harapan para masyarakat Indonesia agar Tim Garuda bisa melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Arya menjabarkan, jika Indonesia masuk ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas bakal melakoni 10 laga yang membutuhkan pendanaan untuk penginapan, akomodasi, dan lainnya.

"Jadi, memang Timnas Indonesia makin kuat, pendanaan makin besar. Maka, dibutuhkan dana yang banyak. Jadi tidak ada kami cari untung. Ini semua untuk membiayai Timnas Indonesia salah satunya," ucap Arya.

BACA JUGA: Harga Tiket Terusan Laga Timnas Indonesia diKualifikasi Piala Dunia 2026, Paling Murah Rp450 Ribu

Lebih lanjut, Arya menuturkan bahwa memang ada pendapatan dari hak siar televisi. Tetapi, Arya menyebut pendapatan tersebut belum cukup dan cara lain untuk menambah pendanaan yaitu melalui penjualan tiket.

Meski menurutnya, pendapatan dari tiket belum terlalu besar, tetapi akan berpengaruh untuk membuat Timnas Indonesia semakin kuat nantinya. "Jadi, minta maaf sekali, terpaksa kami lakukan hanya untuk Timnas Indonesia bisa bertanding tanpa memikirkan uang, yang mereka tahu hanya bertanding. Sekali lagi saya minta maaf," tutur Arya.

Harga tiket Timnas Indonesia vs Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia:

Premium East & West

Harga terusan: Rp2.250.000

Harga satuan: Rp1.250.000

Garuda East & West

Harga terusan: Rp1.500.000

Harga satuan: Rp850.000

Garuda North & South

Harga terusan: Rp1.000.000

Harga satuan: Rp550.000

Upper Garuda

Harga terusan: Rp450.000

Harga satuan: Rp250.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Anggota DPR dan DPRD Main Judi Online, PPATK Diminta Ungkapkan Datanya

News
| Rabu, 26 Juni 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement