Advertisement

5 Atlet dengan Bayaran Tertinggi di Dunia, CR7 Masih Rajanya, Bergaji Rp4,15 Triliun

Mutiara Nabila
Jum'at, 17 Mei 2024 - 22:27 WIB
Arief Junianto
5 Atlet dengan Bayaran Tertinggi di Dunia, CR7 Masih Rajanya, Bergaji Rp4,15 Triliun Cristiano Ronaldo

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Jika dilengkapi dengan skill dan prestasi, sangat besar kemungkinan atlet menjadi profesi yang berpotensi memberikan bayaran selangit.

Buktinya, sejumlah atlet berikut ini menerima bayaran hingga triliunan per tahun.

Advertisement

Berdasarkan daftar terbaru Forbes tentang atlet dengan bayaran termahal di dunia, 10 besarnya mengantongi pendapatan di atas US$100 juta (lebih dari Rp1,5 triliun) per tahun.

Dari lima daftar atlet dengan bayaran termahal berikut ini, Cristiano Ronaldo masih memimpin, setelah delapan tahun terus menduduki peringkat teratas sebagai atlet dengan bayaran tertinggi di dunia.

Bintang sepak bola Portugal berusia 39 tahun ini beralih dari bersinar di Bernabéu bersama Real Madrid hingga bertugas bersama Juventus dan Manchester United, hingga akhirnya mendarat di rumahnya saat ini, Al Nassr dari Liga Pro Saudi. 

Namun, di mana pun lokasinya, ada satu hal yang tetap sama, Ronaldo masih bergelimang gaji. Dia memperoleh sekitar US$260 juta selama 12 bulan terakhir, menjadikannya atlet dengan bayaran tertinggi di dunia untuk keempat kalinya dalam karirnya. 

Forbes memperkirakan kontrak Ronaldo dengan Al Nassr memberinya US$200 juta musim ini, dan sebagai salah satu pesepak bola paling sukses di dunia olahraga, Ronaldo memperoleh US$60 juta lagi di luar lapangan dari portofolio dukungan yang antara lain mencakup Nike, Binance, dan Herbalife.

Berikut lima atlet dengan bayaran tertinggi menurut Forbes dengan pendapatan melebihi US$100 juta per tahun:

1. Cristiano Ronaldo (Sepakbola) - US$260 juta

Perkiraan total pendapatan Ronaldo sebesar US$260 juta atau sekitar Rp4,15 triliun, tertinggi sepanjang masa untuk seorang pemain sepak bola, menjadikannya atlet dengan bayaran tertinggi di dunia untuk keempat kalinya dalam karirnya. 

Hal ini sebagian besar disebabkan oleh gaji tahunannya yang sangat besar sebesar US$200 juta di Al Nassr. Penyerang berusia 39 tahun ini memimpin liga dengan mencetak 33 gol dan meraih penghargaan Pemain Terbaik Bulan Ini pada bulan Agustus, September, Desember, dan Maret. 

Dia juga merupakan aset yang sangat berharga bagi para sponsor, dan sering kali menghubungkan mitranya ke 629 juta pengikut Instagram-nya, di samping kesepakatan lain dengan Nike, Herbalife, Clear Haircare, dan, yang terbaru, Whoop. 

Ronaldo juga berutang cek sebesar US$10,5 juta dari mantan klubnya, Juventus, setelah arbiter memutuskan tim Serie A tersebut masih menghadapi tunggakan gaji sejak pemotongan gaji akibat pandemi Covid-19.

2. Jon Rahm (Golf) - US$218 juta

Keputusan Rahm untuk bergabung dengan LIV Golf pada bulan Desember lalu sangatlah menguntungkan, bahkan di luar jaminan sebesar US$350 juta yang dia terima untuk mengikuti tur yang didukung Saudi tersebut. 

Meskipun pemain asal Spanyol ini belum pernah memenangkan satu pun turnamen LIV, dia juga telah memperoleh US$6,6 juta dari tujuh turnamen pada 2024, yang akan menempatkannya di urutan keenam dalam daftar uang resmi PGA Tour musim ini. 

Rahm juga ditunjuk untuk menjadi kapten tim ke-13 LIV, Legion XIII, sebuah gelar yang bakal memberinya 25% saham di waralaba liga.

3. Lionel Messi (Sepakbola) - US$135 juta

Kedatangan Messi di Miami merupakan sebuah pencerahan bagi klub barunya, Inter Miami, yang berhasil meningkatkan penjualan tiket, mengadakan tur pramusim global yang inovatif dan menambahkan sejumlah sponsor yang menguntungkan, termasuk kemitraan dengan Royal Caribbean, kesepakatan jersey paling bersejarah di MLS. 

Forbes memperkirakan Inter Miami kini menjadi franchise paling bernilai kedua di Major League Soccer dengan nilai US$1,03 miliar, dan klub memperkirakan dapat meningkatkan pendapatan dari US$118 juta pada 2023 menjadi lebih dari US$200 juta tahun ini. 

Sementara itu, Messi juga tampil prima sesuai ekspektasi. Pemenang Ballon d’Or delapan kali itu mencetak 10 gol dalam sembilan pertandingan pertamanya musim ini dan baru-baru ini menjadi pemain MLS pertama yang mencatatkan lima assist dalam satu pertandingan. 

Di luar lapangan, Messi menambahkan Lowe's ke grup sponsor yang mencakup Adidas, Apple, dan Konami. Dia juga dilaporkan bermitra dengan pembuat White Claw Hard Seltzer untuk meluncurkan minuman olahraganya sendiri musim panas ini.

4. LeBron James (Basket) - US$128,2 juta

Masa depan James bersama Los Angeles Lakers menjadi bahan spekulasi besar setelah kembali tersingkir dari playoff dengan mengecewakan.  MVP empat kali itu memiliki opsi pemain senilai US$51,4 juta dengan timnya.

Namun, dia juga juga telah menyatakan keinginan untuk bermain dengan putra sulungnya, Bronny, yang mendaftarkan diri untuk NBA Draft sambil mempertahankan kelayakan kuliahnya. 

Sementara itu, James akan membuat penampilan terakhirnya di Olimpiade karena Tim AS bertujuan memenangkan medali emas di Paris musim panas ini. 

Selain dari NBA, James menambahkan kemitraan dengan DraftKings pada Januari dan bergabung dengan banyak selebriti yang berinvestasi dalam usaha komersial baru di dunia golf, PGA Tour Enterprises.

5. Giannis Antetokounmpo (Basket)- US$111 juta

Antetokounmpo sedang dalam masa pemulihan setelah cedera betisnya. Bintang Milwaukee Bucks itu, menjalani pergantian pelatih di tengah musim dan tak berdaya menyaksikan timnya tersingkir di babak pertama playoff

Di luar lapangan, namanya terus menanjak. Antetokounmpo meluncurkan perusahaan produksi pada Januari, menambahkan kemitraan dengan minuman ringan Starry Pepsi pada Februari dan meluncurkan sepatu sneaker keenamnya dengan Nike pada akhir tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Panggil Dirjen Anggaran Kemenkeu Terkait Dugaan Kasus Gratifikasi Eks Bupati Kukar

News
| Selasa, 22 Oktober 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement