Advertisement

Hasil Manchester City vs Manchester United Final Piala FA 1-2, The Red Devils Tundukkan The Citizens

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 25 Mei 2024 - 23:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Hasil Manchester City vs Manchester United Final Piala FA 1-2, The Red Devils Tundukkan The Citizens Piala FA / thefa.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA— Manchester United tampil sebagai pemenang Piala FA usai menundukkan Manchester City, 2-1 di Stadion Wembley, Sabtu (25/5/2024) malam.

Dua gol kemenangan MU tercipta dari sepakan Garnacho dan Kobbie Mainoo pada babak pertama. Man City berhasil memperkecil kekalahan berkat gol dari Jeremy Doku pada babak kedua.

Advertisement

Jalannya pertandingan

Bermain di Stadion Wembley, Sabtu (25/5/2024) malam, Manchester City menguasai jalannya pertandingan di awal babak pertama. The Citizens mengandalkan Phil Foden dan Bernardo Silva untuk membongkar pertahanan Man United.

Meski melakukan pressing kuat, Manchester United belum bisa menekan pertahanan City yang dikomandani oleh Josko Gvardiol dan John Stones.

Hingga menit 20 babak pertama, skor Manchester City vs Manchester United masih sama kuat 0-0 di final Piala FA.

Manchester United terus memberikan pressing tinggi sehingga Man City tidak nyaman memegang bola. Taktik ini hampir berhasil karena sejumlah pemain belakang City terlihat kewalahan.

Saat City menyerang, Manchester United menumpuk 11 pemainnya di lini pertahanan untuk menahan gempuran pasukan The Citizens.

Taktik tersebut membuahkan hasil. MU berhasil memimpin 1-0 atas Manchester City pada menit 30 berkat gol Alejandro Garnacho. Berawal dari kesalahan Josko Gvardiol yang menyundul bola ke gawang sendiri, sementara kiper City, Ortega sudah terlanjur maju. Alhasil, Garnacho melesakkan bola ke gawang kosong.

Lini pertahanan MU yang digalang Raphael Varane tampil solid menghadapi gempuran lini depan Manchester City yang dipimpin Erling Haaland. Hingga menit 35, MU unggul 1-0 atas Manchester City di final Piala FA.

Man City mendapat peluang ke gawang MU lewat Silva namun bisa diamankan kiper MU, Andre Onana. Man United kembali mencetak gol pada menit 38 lewat sontekan Marcus Rashford, namun posisi Garnacho sudah dalam posisi offside. Gol pun dianulir oleh wasit.

MU memperbesar keunggulan menjadi 2-0 lewat tendangan Kobbie Mainoo pada menit 39. Gol tercipta berkat kerja sama antara Garnacho-Bruno Fernandes yang diakhiri dengan sepakan kecil Mainoo dari dalam kotak penalti yang tidak bisa dijangkau oleh Ortega.

Hingga babak pertama berakhir, MU tetap memimpin 2-0 atas Manchester City dalam final Piala FA.

Dibabak kedua, Pep Guardiola memasukkan Jeremy Doku dan Akanji untuk mengganti Nathan Ake dan Kovacic. Masuknya Doku membuat serangan City lebih hidup dari sisi sebelah kiri di 10 menit babak kedua.

Sementara itu MU tetap mengandalkan serangan balik cepat yang dimotori Garnacho, Fernandes, dan Rashford. MU juga menumpuk 11 pemainnya saat menahan serangan City.

Haaland nyaris mencetak gol pada menit 55 memanfaatkan umpan dari Doku, namun sepakan pemain asal Norwegia itu masih membentur mistar gawang MU.

Guardiola kembali memasukkan pemain bernaluri menyerang, Julian Alvarez menggantikan Kevin De Bruyne. Onana melakukan penyelamatan spektakuler pada menit 58 dengan menahan sepakan keras Kyle Walker dari luar kotak penalti.

City terus menggempur pertahanan MU. Alvarez bahkan mendapat peluang emas pada menit 64, namun pemain Argentina itu tidak bisa merobek gawang MU meski sudah berhadapan satu lawan satu dengan Onana.

Hingga menit 65, skor masih tetap 2-0. MU mendapat peluang pad menit 68 namun sepakan keras Garnacho masih bisa dihalau oleh Ortega. Serangan-serangan Man City membuahkan hasil. Meski MU memarkir para pemainnya di depan gawang, Doku mampu melesakkan bola ke gawang Onana pada menit ke 87. Gool, 1-2. 

Man City terus berpacu dengan waktu untuk menjebol gawang MU. Namun hingga peluit pertandingan berakhir, kedudukan 2-1 bertahan untuk kemenangan MU.

Susunan Pemain Manchester City vs Manchester United:

Manchester City: 18 S. Ortega, 2 K. Walker, 6 N. Aké, 5 J. Stones, 24 J. Gvardiol, 17 K. De Bruyne, 8 M. Kovačić, 20 Bernardo Silva, 16 Rodri, 47 P. Foden, 9 E. Haaland

Coach: Pep Guardiola

Manchester United: 24 A. Onana, 19 R. Varane, 20 Diogo Dalot, 29 A. Wan-Bissaka, 6 Lisandro Martínez, 8 Bruno Fernandes, 4 S. Amrabat, 39 S. McTominay, 37 K. Mainoo, 10 M. Rashford, 17 A. Garnacho

Coach: E. ten Hag

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenag Klaim Kasus Kesehatan saat Puncak Haji 2024 di Arafah Terkendali

News
| Selasa, 18 Juni 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Mantap, Hidupkan Laguna Pengklik, Pemuda di Srigading Bikin Wisata Kano

Wisata
| Minggu, 16 Juni 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement