Advertisement

Dipulangkan Akibat Faktor Eksternal, Miroslav Fernando Fokus Kembangkan Talenta di Eropa

Yosef Leon
Kamis, 30 Mei 2024 - 17:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
Dipulangkan Akibat Faktor Eksternal, Miroslav Fernando Fokus Kembangkan Talenta di Eropa Miroslav Fernando (kiri) disebut akan fokus mengembangkan bakat dan kemampuannya di Eropa setelah dipulangkan dari seleksi ajang Piala AFF U/16 2024 di Jogja karena faktor eksternal. (email)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Miroslav Fernando, salah satu pemain diaspora Indonesia yang mengikuti seleksi ajang Piala AFF U-16 2024 disebut akan fokus mengembangkan bakat dan kemampuannya di Eropa setelah dipulangkan karena faktor eksternal. Miro yang tengah mengenyam pendidikan sepak bola di Akademi Atletico Madrid itu dipulangkan lantaran menderita sakit demam berdarah saat menjalani penasaran latihan di Jogja.

Nur’alim, legenda Timnas Indonesia yang datang secara khusus ke Jogja untuk memantau perkembangan seleksi Timnas U-16 mengatakan, Miro merupakan pemain yang berbakat baik secara mental, naluri mencetak gol dan juga skill. Bahkan Asisten pelatih Timnas U-16 Tommy Haryanto juga mengakui visi bermain Miro yang bagus saat di lapangan hijau.

Advertisement

“Sayang, Coach Nova belum sempat melihat langsung aksinya, Miro salah satu pemain yang menjanjikan dari sisi skill," katanya, Kamis (30/5/2024).

Pemain jebolan FU15 FA Bina Sentra itu sebenarnya punya kemampuan serba bisa di sektor lini serang. Dia tidak hanya apik saat dipasang sebagai centre forward tetapi juga sebagai sayap kiri dan kanan karena kaki kirinya juga sangat hidup serta sebagai gelandang serang atau attacking midfielder.

"Jika terus diasah dengan baik, Miro akan jadi talenta yang sangat berguna bagi Timnas Indonesia, mengingat sangat jarang ada pemain nasional yang bisa menjalani banyak posisi. Miro aset berharga Indonesia di masa depan,” ujarnya.

Baca Juga

34 Pemain Dipanggil untuk Seleksi Timnas Indonesia U-16 Tahap Ketiga, Ini Daftranya

Kualitas Peserta Seleksi Tahap IV Timnas U-16 Dinilai Memuaskan, Nova Arianto Bilang Begini

Timnas U-16 Indonesia Siap Hadapi Piala AFF U-16

Dua pekan lalu, Miro baru dua hari mengikuti latihan yakni pagi dan sore hari. Selanjutnya libur dua hari pada akhir pekan Sabtu dan Minggu. Nahasnya, keesokan hari dia drop dan saat diperiksa ternyata terserang demam berdarah. Miro bahkan tak sempat mengikuti uji coba melawan Diklat Magelang, Cilo Sportivo, pada Sabtu (18/5/2024).

Piala AFF U-16 diselenggarakan pada 21 Juni-4 Juli 2024 di Solo. Jika memang kondisi kebugaran Miro membaik ia bisa dipanggil lagi mengingat kebutuhan pemain di sektor lini depan amat tinggi. Nur’alim yang mengikuti perkembangan sang pemain sejak usia dini di FU15 FA Bina Sentra turut serta memberikan dukungan moral.

“Tercoret dari tim pasti mengecewakan, akan tetapi ini bagian proses yang harus Miro jalani. Kami berharap bakat Miro bisa bertumbuh di Spanyol sehingga ketika kembali dapat kesempatan seleksi timnas ia bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya,” katanya.

Selanjutnya Miro akan fokus penyembuhan untuk mengembalikan kondisi fisiknya. Sepulang dari Jogja, dia segera kembali ke Spanyol dan kembali bersekolah dan mengasah talenta di akademi sepak bola Atletico Madrid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Harga Avtur di Indonesia Tertinggi se Asean, Bos AirAsia: 28 Persen Lebih Mahal dari Malaysia

News
| Minggu, 08 September 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement