Advertisement

Piala AFF U-19, Indonesia Gunduli Filipina enam Gol Tanpa Balas

Taufan Bara Mukti
Rabu, 17 Juli 2024 - 21:37 WIB
Arief Junianto
Piala AFF U-19, Indonesia Gunduli Filipina enam Gol Tanpa Balas Pesepak bola Timnas Indonesia Riski Afrisal (kiri) menendang bola dalam pertandingan penyisihan Grup A Piala ASEAN U-19 Boys Championship di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (17/7/2024). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Laga turnamen ASEAN U-19 Boys Championship 2024 atau Piala AFF U-19 malam ini di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, antara Timnas U-19 Indonesia vs Timnas Filipina berakhir dengan skor 6-0.

Pada awal laga Indonesia bermain dengan sabar. Filipina yang bermain di kandang Indonesia juga tak bermain bertahan. Indonesia mengancam pada menit kedelapan lewat akselerasi Dony Tri Pamungkas yang gagal menjadi peluang berbahaya.

Advertisement

Pendukung Indonesia bersorak pada menit ke-12 setelah Arlyansyah Abdulmanan mencetak gol dan mengubah skor menjadi 1-0.

Diawali kerja sama Riski Afrisal dan Dony, bola dikirim ke mulut gawang dan langsung dicocor oleh Arlyansyah.

Unggul 1 gol, Indonesia tak mengendurkan serangan. Akselerasi Afrisal dan Arlyansyah dari sisi sayap masih menjadi ancaman. Garuda Muda pun mencetak gol kedua pada menit ke-21.

Memanfaatkan umpan crossing Muhammad Mufli Hidayat, Iqbal Gwijangge menanduk bola tanpa kawalan. 2-0 Indonesia unggul.

Arkhan Kaka nyaris menambah keunggulan Indonesia pada menit ke-25. Dia merebut bola dari bek Filipina sebelum melepas tembakan yang membentur tiang gawang.

Pesta gol Indonesia berlanjut pada pertengahan babak pertama. Setelah Iqbal, giliran Kadel Arel yang menjebol gawang Filipina menyambut sepak pojok Figo Dennis.

Skor berubah 3-0. Indonesia praktis menguasai jalannya babak pertama dan mendikte permainan atas Filipina. Peluang kembali didapat Indonesia pada menit ke-40.

Kali ini tembakan keras Afrisal dari luar kotak penalti bisa diblok oleh kiper Filipina Castro Cesar Inigo.

Tiga menit jelang turun minum, Iqbal mencetak gol keduanya pada laga ini. Bek tengah jebolan Piala Dunia U-17 2023 itu menyelesaikan kemelut hasil sundulan Alfharezzi Buffon dengan tap in. 4-0 Indonesia makin menjauh. Skor 4-0 menutup jalannya babak pertama.

Di babak kedua, Timnas U-19 masih mendominasi permainan. Baru 5 menit babak kedua berjalan, Arlyansyah Abdulmanan kembali mencetak gol. Lagi-lagi umpan silang Dony Tri Pamungkas bisa diselesaikan dengan baik oleh Arly.

Indonesia unggul 5-0 pada awal babak kedua. Permainan berlangsung dalam tempo yang cukup lambat setelah Indonesia mencetak gol kelima. Filipina berusaha untuk bangkit dan memegang penguasaan bola.

Namun, upaya anak asuh Josep Ferre itu belum bisa menembus pertahanan Indonesia.

Tembakan ke gawang dilakukan gelandang Filipina pada menit ke-63. Beruntung kiper Ikram Algiffari masih sigap mengamankan bola tersebut. Indonesia membalas sejurus kemudian.

Umpan tarik Toni Firmansyah disambut Rizdjar Nurviat dengan tendangan kencang yang ditepis kiper Filipina Castro Cesar Inigo.

BACA JUGA: Piala AFF U-19 Indonesia Vs Filipina, Starting Line Up dan Link Streaming

Memasuki pertengahan babak kedua, Timnas U-19 Indonesia menurunkan tempo tekanan ke pertahanan Filipina.

Meski begitu, 10 menit jelang laga usai Indonesia masih memegang kendali permainan meski tak seintens pada babak pertama. Peluang sempat didapatkan Rizdjar pada menit ke-84, tetapi tendangannya dari luar kotak penalti masih melambung.

Filipina mencuri peluang 5 menit jelang bubaran. Beruntung Algiffari mampu menahan sepakan penyerang Filipina. Sebaliknya, Garuda Muda mampu menambah gol dalam 3 menit terakhir.

Kesalahan bek Filipina membuat Riski Afrisal mampu merebut bola. Dia menyodorkan operan ke Jens Raven yang menyelesaikan dengan tenang. Gol Raven menjadi yang terakhir pada pertandingan ini.

Timnas U-19 Indonesia pun memastikan kemenangan 6-0 atas Filipina. Dengan hasil ini, Indonesia memuncaki klasemen Grup A Piala AFF U-19 2024 dengan poin 3, sama dengan Timor Leste namun unggul selisih gol. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Harga Avtur di Indonesia Tertinggi se Asean, Bos AirAsia: 28 Persen Lebih Mahal dari Malaysia

News
| Minggu, 08 September 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement