Advertisement

Beberapa Jam Jelang Pembukaan Olimpiade, Sejumlah Jaringan Kereta di Prancis Disabotase

Mia Chitra Dinisari
Jum'at, 26 Juli 2024 - 16:27 WIB
Arief Junianto
Beberapa Jam Jelang Pembukaan Olimpiade, Sejumlah Jaringan Kereta di Prancis Disabotase Olimpiade Paris. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Jaringan kereta di Prancis dikabarkan disabotase jelang beberapa jam sebelum upacara pembukaan Olimpiade Paris. Serangan yang diduga terkoordinasi itu membuat penyelenggara Olimpiade musim panas Paris khawatir. Rencananya, Pembukaan Olimpiade Paris 2024 akan dipusatkan di area Sungai Seine, di sekitar Menara Eiffel.

“Kebakaran sengaja dilakukan untuk merusak infrastruktur kami, dan tim insinyur sudah berada di lapangan untuk mengatasi masalah ini,” Banyak kereta harus dibatalkan.” kata operator kereta api kecepatan tinggi SNCF.

Advertisement

Serangkaian pembakaran terkoordinasi terhadap infrastruktur kereta api perusahaan kereta api terbesar di Prancis itu, menyebabkan sejumlah besar kereta dialihkan atau dibatalkan pada Jumat (26/7/2024) pagi, menurut perusahaan transportasi tersebut dilansir dari Euronews.

“Kami meminta semua penumpang yang dapat melakukan hal tersebut untuk menunda perjalanannya dan tidak pergi ke stasiun,” kata SNCF di media sosial.

Pihak berwenang sedang menyelidiki insiden tersebut dan informasi tersedia mengenai kemungkinan pelakunya saat ini.

Serangan tersebut diperkirakan mengganggu sistem transportasi pada hari pembukaan Olimpiade Paris 2024.

Jalur di seluruh negeri telah terkena dampaknya, terutama yang menghubungkan kota-kota ke ibu kota: lalu lintas antara Paris dan Lille di Prancis utara telah ditangguhkan, begitu pula lalu lintas dari Tours dan Le Mans ke barat daya ibu kota.

Rute-rute di wilayah tenggara sebagian besar tidak terpengaruh, karena serangan di wilayah tersebut telah “digagalkan”, kata SNCF.

Perjalanan internasional ke dan dari Inggris di bawah Selat Inggris dan ke negara tetangga Belgia juga terganggu oleh apa yang disebut SNCF sebagai serangkaian insiden terkoordinasi dalam semalam.

Penumpang di stasiun St Pancras di London diperingatkan akan adanya penundaan sekitar satu jam dalam perjalanan Eurostar mereka.

BACA JUGA: Radang Amandel Paksa Petenis Nomor Satu Dunia Mundur dari Olimpiade 2024

Pengumuman di ruang keberangkatan di terminal internasional memberi tahu para pelancong yang menuju Paris bahwa ada masalah dengan pasokan listrik di atas kepala.

Diperkirakan sekitar 800.000 pelancong akan terkena dampaknya sepanjang akhir pekan ini, dan mengatakan bahwa pipa-pipa yang membawa kabel listrik juga terkena dampaknya sehingga memerlukan kerja keras untuk memperbaikinya.

Kereta berkecepatan tinggi TGV akan dialihkan ke jalur biasa, yang akan menyebabkan penundaan dan pembatalan. “Ini adalah operasi manual, setiap kabel perlu diuji,” kata Farandou tentang pekerjaan perbaikan tersebut.

Para pejabat keamanan dan transportasi telah membuat rencana darurat untuk insiden-insiden semacam itu selama bertahun-tahun penyelenggaraan Olimpiade, namun tampaknya tidak mampu menghentikan insiden-insiden tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement