Advertisement

Hebohkan Publik karena Diduga Transgender, Petinju Aljazair Kian Dekat dengan Medali Emas Olimpiade

Andhika Anggoro Wening
Minggu, 04 Agustus 2024 - 18:57 WIB
Arief Junianto
Hebohkan Publik karena Diduga Transgender, Petinju Aljazair Kian Dekat dengan Medali Emas Olimpiade Petinju transgender yang berasal dari Aljazair, Imane Khelif (kanan) memaksa petinju asal Italia Angela Carini (kiri) mundur dari Olimpiade Paris 2024 pada Kamis (1/8/2024). Ist - olimpiadeparis2024

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Sempat viral lantaran membikin KO petinju Italia, Petinju Aljazair yang diduga seorang transgender, Imane Khelif, semakin dekat meraih medali emas tinju Olimpiade Paris 2024 setelah lolos ke babak semifinal.

Petinju berusia 25 tahun itu dipastikan meraih medali Olimpiade Paris seusai mengalahkan petinju Hongaria Luca Anna Hamori di babak perempat final kelas welter, Sabtu (4/8/2024).

Advertisement

Lolosnya Khelif membuat Aljazair memastikan setidaknya satu medali perunggu – medali tinju pertama Aljazair sejak 2000. “Tidak ada jalan yang mudah di Olimpiade, dan saya akan berusaha untuk sepenuhnya siap menghadapi pertarungan mendatang,” kata Khelif kepada televisi pemerintah Aljazair setelah kemenangannya.

“Saya sangat bangga pada diri saya sendiri dan negara saya. Saya berjuang demi bendera negara saya dan untuk olahraga yang sangat saya cintai, dan saya berharap menjadi juara Olimpiade setelah memenangkan medali pertama tinju putri Olimpiade untuk Aljazair, demi kepentingan Aljazair.”

BACA JUGA: Kontroversi Imane Khelif, Petinju asal Aljazair yang Bikin Heboh di Olimpiade Paris

Khelif mendedikasikan medalinya untuk petinju Moustafa Mousa, orang Aljazair pertama yang memenangkan medali Olimpiade, yang meninggal pada hari Sabtu.

Ucapan Selamat

Presiden Aljazair, Abdelmadjid Tebboune mengucapkan selamat kepada Khelif atas kemenangannya dalam sebuah postingan di X, dengan menulis, "Anda telah menghormati Aljazair, wanita Aljazair, dan tinju Aljazair. “Kami akan mendukung Anda apa pun hasil Anda. Semoga beruntung di dua putaran berikutnya.”

Diketahui, Khelif dan petinju Lin Yu-ting dari Taiwan, melanggar aturan kelayakan Asosiasi Tinju Internasional (IBA) 2023, termasuk melarang atlet dengan kromosom XY berkompetisi di nomor putri.

Kedua petinju tersebut didiskualifikasi pada Kejuaraan Dunia 2023 di New Delhi.

IBA tidak merinci alasan kegagalannya, dan belum terbukti bahwa mereka memiliki kondisi genetik yang menyebabkan perbedaan perkembangan seksual, atau DSD.

Presiden Komite Olimpiade Internasional Thomas Bach pada Sabtu mengatakan tidak ada keraguan bahwa Khelif dan Lin adalah perempuan yang berhak berkompetisi di Olimpiade Paris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Panggil Dirjen Anggaran Kemenkeu Terkait Dugaan Kasus Gratifikasi Eks Bupati Kukar

News
| Selasa, 22 Oktober 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement