Advertisement

Hasil Arab Saudi vs Indonesia 1-1, Maarten Paes Gagalkan Tendangan Penalti Salem Al Dawsari

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 06 September 2024 - 06:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Hasil Arab Saudi vs Indonesia 1-1, Maarten Paes Gagalkan Tendangan Penalti Salem Al Dawsari Maarten Paes. - Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Penyelamatan penalti dari kiper timnas Indonesia Maarten Paes di babak kedua mewarnai hasil imbang laga antara Arab Saudi vs Indonesia, Jumat (6/9/2024).

Pada laga Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Indonesia mampu menahan imbang tuan rumah Arab Saudi, dengan skor 1-1.

Advertisement

Paes menggagalkan tendangan penalti kapten Arab Saudi Salem Al Dawsari pada menit ke-79 yang membuat pertandingan tersebut berakhir sama kuat.

Pada laga yang digelar di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, itu, Indonesia melesakkan gol terlebih dahulu melalui Ragnar Oratmangoen sebelum dibalas Arab Saudi via sepakan Musab Aljuwayr.

Alih-alih bertahan, timnas Indonesia menerapkan permainan menyerang saat melawan Arab Saudi yang langganan tampil di Piala Dunia.

Strategi tersebut membuat Arab Saudi kelabakan. Hasilnya, Indonesia berhasil mencuri gol terlebih dahulu melalui Ragnar Oratmangoen pada menit ke-19.

Namun, pada menit ke-45+3, Arab Saudi sukses menyamakan kedudukan lewat Musab Aljuwayr. Paruh pertama pun berakhir sama kuat 1-1.

Babak Pertama

Sejak babak pertama dimulai, Arab Saudi terus menyerang daerah pertahanan Indonesia. Namun berkat kedisiplinan para pemain, Arab Saudi kebingungan untuk membongkar pertahanan Indonesia.

Indonesia mampu bisa mendapatkan tendangan sudut pertama di pertandingan ini usai crossing Nathan Tjoe A On membentur bek Arab Saudi.

Hingga menit 15 babak pertama, skor Arab Saudi vs Indonesia masih sama kuat 0-0.

Gol. Skema serangan yang dibangun Indonesia berbuah manis. Menyasar area kanan Saudi, bola langsung diumpan ke kotak pinalti lawan.

Tendangan shooting Ragnar Oratmangoen terkena deflect Sandy Walsh yang mengubah arah bola masuk ke gawang Saudi.

Tertinggal 0-1, Arab Saudi semakin agresif menyerang Indonesia. Namun demikian, Timnas Indonesia terus mengimbangi permainan Saudi.

Arab Saudi memiliki peluang di pertandingan pada menit 28, namun sepakan Salem Al Dawsari masih belum menemui sasaran.

Indonesia mempunyai peluang lewat sentuhan satu-dua Rafael Struick dengan Witan Sulaeman. Sayang sepakan Witan masih terlalu pelan.

Memasuki masa injury time, sejumlah pemain Indonesia kepancing keluar kotak. Celah itu dimanfaatkan dengan bagus oleh pemain Arab Saudi.

Musab Aljuwayr mampu menyamakan kedudukan 1-1. Tendangan Musab dari luar kotak penalti membentur Calvin Verdonk yang tidak bisa diantisipasi oleh Maarten Paes

Skor imbang pun mengakhiri babak pertama Arab Saudi vs Indonesia.

Babak Kedua

Pada babak kedua, Arab Saudi menunjukkan taring mereka yang sebenarnya. Percobaan-percobaan tembakan ke arah gawang Indonesia dilancarkan, tetapi barisan pertahanan "Garuda" mampu menahan dengan baik.

Petaka untuk Indonesia datang pada menit ke-77. Maarten Paes, penjaga gawang klub FC Dallas yang mencatatkan debut di timnas Indonesia pada laga tersebut, melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti, di mana dirinya menekel penyerang Arab Saudi Feras Albrikan.

Namun, Paes mampu bertanggung jawab atas kesalahannya dengan menepis sepakan 12 pas kapten Arab Saudi Salem Al Dawsari.

Setelah itu, Maarten Paes melakukan setidak-tidaknya dua kali penyelamatan penting lainnya yakni pada menit ke-88 dari sepakan jarak jauh Mohammed Kanno dan ke-90+3 ketika dirinya sudah berhadapan satu lawan satu dengan Feras Albrikan.

Tidak ada gol tambahan yang hadir sampai laga tersebut tuntas. Indonesia pun sukses membawa pulang satu poin di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Berikut susunan pemain kedua tim.

Arab Saudi: Mohammed Al Owais-kiper, Sultan Al Ghannam (89'-Abbas Alhassan), Ali Lajami, Ali Al Bulayhi, Moteb Alharbi (33'-Saud Abdulhamid), Hassan Al Tambakti, Musab Aljuwayr, Salem Al Dawsari (kapten, 89'-Fahad Almuwallad), Abdullah Al Khaibari (45'-Abdulrahman Ghareeb), Mohammed Kanno, Abdullah Radif (58'-Feras Albrikan).


Indonesia: Maarten Paes, Calvin Verdonk, Jay Idzes (kapten), Rizky Ridho (80'-Muhammad Ferarri), Nathan Tjoe A On, Sandy Walsh (68'-Asnawi Mangkulam), Thom Haye (59'-Marselino Ferdinan), Ivar Jenner (80'-Ivar Jenner), Ragnar Oratmangoen, Witan Sulaeman (58'-Shayne Pattynama), Rafael Struick.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

2.984 Hektare Lahan di Sumsel Terbakar Sepanjang 2024

News
| Senin, 16 September 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement