Advertisement

Isi Makanan Kotakan hingga Distribusi Konsumsi Atlet Telat Dipersoalkan, PB PON XXI Minta Maaf

Arief Junianto
Rabu, 11 September 2024 - 18:47 WIB
Arief Junianto
Isi Makanan Kotakan hingga Distribusi Konsumsi Atlet Telat Dipersoalkan, PB PON XXI Minta Maaf Logo PON 2024

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Di media sosial viral sejumlah unggahan yang bernada komplain terhadap konsumsi atlet PON XXI Aceh-Sumut.

Salah satunya adalah atlet asal Lampung yang mengunggah via akun TIktok miliknya, @hadi_hfc. Dalam unggahannya, dia menunjukkan nasi kotak yang isinya berupa nasi, lauk ayam dengan ukuran kecil, tempe beserta buncis kering dan satu bungkus momogi.

Advertisement

Hingga saat ini video tersebut telah ditonton sebanyak 1,4 juta kali dan disukai oleh 43 ribu orang dengan beragam komentar negatif.

Tak hanya itu, terkait dengan keterlambatan, kontingen Kalimantan Tengah melayangkan surat protes dan keberatan terkait dengan distribusi konsumsi.

Dalam surat itu, mereka memprotes konsumsi untuk atlet panahan dan panjat tebing. Untuk makan malam, kata mereka, baru diterima pukul 22.30 WIB. Sementara untuk sarapan pagi, baru diterima pukul 09.50 WIB.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengaku menerima keluhan atlet yang bertanding pada PON XXI Aceh-Sumut soal makanan. Dia minta masalah itu segera ditindaklanjuti.

Senada, Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 meminta permohonan maaf terhadap beberapa kendala yang sudah terjadi, dan berjanji akan terus memperbaikinya.

"Kami memohon maaf atas beberapa kendala. Namun begitu, perbaikan dan evaluasi cepat kami lakukan begitu melihat adanya potensi hambatan," kata Ketua Bidang Konsumsi PB PON wilayah Aceh, Diaz Furqan, di Banda Aceh, Rabu (11/9/2024).

Khusus terkait dengan keterlambatan konsumsi, dia mengatakan akan menambah armada dan tenaga bantuan untuk memudahkan distribusi konsumsi kepada atlet, sehingga tidak terjadi lagi keterlambatan.

"Langkah-langkah konkret tersebut untuk mengatasi segala keterlambatan yang bisa berdampak pada persiapan dan performa atlet," kata dia

Furqan mengatakan PB PON terus bekerja sama dengan Pemerintah Aceh untuk memaksimalkan pelayanan, salah satunya dengan penambahan armada yang dapat menjangkau lokasi penginapan para atlet yang tersebar cukup jauh.

"Kami memutuskan untuk menambah armada khusus yang didedikasikan untuk jalur distribusi agar atlet mendapatkan konsumsi tepat waktu, tanpa mengganggu jalur distribusi lain yang telah terjadwal,” ujarnya.

Diaz juga menekankan pentingnya fleksibilitas dan kecepatan dalam menghadapi tantangan operasional semacam ini.

BACA JUGA: Jalan menuju Venue Belum Jadi, Pertandingan Bola Voli PON 2024 Ditunda

Selain armada tambahan, langkah lainnya dari PB PON dan Pemprov Aceh adalah pengerahan tenaga bantuan dari siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Banda Aceh.

Para siswa ini diikutsertakan dalam proses pengepakan makanan, satu tahapan dari distribusi konsumsi para atlet. “Mereka kami libatkan dalam berbagai peran, khususnya di bagian pengepakan makanan, agar prosesnya bisa lebih cepat dan efisien,” katanya.

Dirinya menuturkan, kolaborasi tersebut tidak hanya untuk memastikan distribusi berjalan lancar, tetapi juga menjadi kesempatan bagi generasi muda Aceh berpartisipasi aktif dalam perhelatan olahraga terbesar di Indonesia.

Melalui keterlibatan ini, para siswa SMK tidak hanya mendapatkan pengalaman berharga, tetapi juga menunjukkan semangat gotong royong yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia.

Diaz menegaskan, PB PON dan Pemprov Aceh berkomitmen tidak hanya ingin kesuksesan PON XXI dari segi prestasi olahraga saja, tetapi juga menjadikan ajang ini untuk memperkuat semangat kebersamaan dan persatuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kapal Tenggelam, 1 Orang Tewas

News
| Rabu, 18 September 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Wisata Kampung Belgia di Jember Tawarkan Agrowisata Heritage

Wisata
| Minggu, 15 September 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement