Advertisement

Rusia Resmi Gugat FIFA dan UEFA ke CAS

Akbar Evandio
Rabu, 09 Maret 2022 - 23:47 WIB
Budi Cahyana
Rusia Resmi Gugat FIFA dan UEFA ke CAS Tiga pemain Rusia, Artem Zyuba (tengah), Vyacheslav Karavaev (kanan), dan Aleksei Miranchuk. - UEFA.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Federasi Sepak Bola Rusia (RFU) resmi mengajukan gugatan ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (Court of Arbitration for Sport/CAS) setelah FIFA dan UEFA mendepak Rusia dari sepak bola internasional.

Dikutip dari TASS, akibat invasi Rusia ke Ukraina, FIFA dan UEFA kompak melarang Rusia tampil di ragam agenda penting sepakbola seperti play-off Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada 28 Februari 2022.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Adapun, setelah Rusia mengancam FIFA-UEFA dengan rencana mengajukan gugatan ke CAS pada 3 Maret. Akhirnya, RFU resmi melakukannya pada Senin (7/3) waktu setempat.

“RFU telah mengirimkan gugatan hari ini ke CAS,” bunyi pernyataan resmi RFU, dikutip melalui TASS, Rabu (8/3/2022).

Sekadar informasi, akibat sanksi yang dijatuhkan FIFA-UEFA, Rusia tidak akan bisa mengikuti babak play-off Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Polandia pada 24 Maret 2022.

Bahkan, keputusan tersebut otomatis membuat Rusia dipastikan gagal ke Piala Dunia 2022 yang akan berlangsung di Qatar pada akhir tahun ini.

Selain tim nasional Rusia, Spartak Moscow juga terkena dampaknya dan mereka didiskualifikasi dari Liga.

Untuk diketahui, empat tahun lalu, Rusia menjadi tuan rumah Piala Dunia. Dalam pesta sepak bola empat tahunan itu, Rusia mampu menginjakkan kaki ke perempat final. Langkah Rusia terhenti setelah kalah adu penalti dari Kroasia.

Sepak bola Rusia bukan satu-satunya olahraga yang terpengaruh oleh invasi Rusia ke Ukraina. Cabang-cabang lain seperti Formula 1, Judo, hingga ajang lainnya seperti Paralimpiade Musim Dingin juga telah menjatuhkan sanksi berat kepada Rusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Curhat Mensos Risma Ke DPR, Bansos Rp412 Miliar Diblokir Sri Mulyani

News
| Rabu, 08 Februari 2023, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement