Advertisement

Survei: Mayoritas Publik Minta Ketua PSSI Mundur

Erta Darwati
Senin, 14 November 2022 - 08:37 WIB
Budi Cahyana
Survei: Mayoritas Publik Minta Ketua PSSI Mundur Ketum PSSI Mochammad Iriawan atau Iwan Bule - Podcast Deddy Corbuzier

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA–Hasil survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan 60,2 persen responden meminta Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochammad Iriawan atau Iwan Bule dan pengurusnya untuk mengundurkan diri.

Hal itu sesuai dengan rekomendasi Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIF) yang disampaikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan bahwa 43 persen responden berharap pemerintah menerbitkan imbauan agar Ketua PSSI dan pengurusnya mundur dari jabatannya sebagai tindak lanjut rekomendasi tersebut.

"Sebanyak 32 persen [responden] mengatakan pemerintah melibatkan FIFA untuk meminta ketua dan pengurus PSSI mundur dari jabatannya. Mungkin khawatir ada isu intervensi kalau pemerintah langsung memberikan imbauan," katanya melalui YouTube Indikator Politik Indonesia, Minggu (13/11/2022). 

Kemudian, jika Ketua Umum PSSI dan pengurusnya tak juga mengundurkan diri maka ada tiga pilihan yang ditawarkan kepada pemerintah menurut responden. Pertama, 28,6 persen responden meminta pemerintah terus menekan agar ketua dan pengurus PSSI mundur. Kedua, 27,1 persen responden meminta pemerintah membubarkan kepengurusan PSSI meskipun melanggar aturan FIFA.

Lalu, sebanyak 18,6 persen responden memilih untuk menyerahkan nasib PSSI kepada FIFA karena merupakan kewenangannya sehingga pemerintah tak perlu ikut campur. Sementara itu, sisanya memilih untuk tak menjawab.

Siapa Ketua PSSI yang ideal?

Indikator juga memberikan pertanyaan kepada responden terkait siapa sosok yang paling tepat mengisi jabatan Ketua Umum PSSI. Hal ini diandaikan responden memiliki hak suara dalam memilih Ketua PSSI. Erick Thohir dinilai responden paling tepat mengisi posisi tersebut.

"Erick Thohir menempati peringkat pertama dengan 24,1 persen. Najwa Shihab menempati urutan kedua, tetapi selisihnya signifikan dibandingkan peringkat pertama yakni dengan perolehan 10,4 persen," kata Burhanuddin.

Sementara itu, di urutan ketiga ada Kaesang Pangarep dengan perolehan 5,8 persen, Iwan Bule 5,4 persen, Mahfud MD 4,9 persen, dan sisanya berada di bawah 4 persen.

"Erick Thohir dianggap paling pantas menjadi Ketua PSSi di seluruh kelompok demografi," ujar Burhanuddin. 

Adapun, survei bertajuk "Sikap Publik terhadap Tragedi Kanjuruhan dan Reformasi PSSI" ini digelar pada periode 30 Oktober - 5 November 2022 terhadap 1.220 responden. Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling dengan toleransi kesalahan (margin of error) +/- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

OJK Cabut Izin Bank Bagong

News
| Jum'at, 03 Februari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Pemugaran Candi Perwara Prambanan Bakal Tambah Daya Tarik Wisatawan

Wisata
| Jum'at, 03 Februari 2023, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement