Advertisement

Satu Gol Dua Asis Saat Lawan Amerika Serikat, Dumfries Samai Rekor Johan Cruyff

Newswire
Minggu, 04 Desember 2022 - 09:47 WIB
Budi Cahyana
Satu Gol Dua Asis Saat Lawan Amerika Serikat, Dumfries Samai Rekor Johan Cruyff Denzel Dumfries (kanan) - FIFA

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Bek kanan Denzel Dumfries menyamai rekor legenda Johan Cruyff saat membawa Belanda mengalahkan Amerika Serikat dalam pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022, Sabtu (3/12/2022). Dalam laga itu, Tim Oranye mampu menyingkirkan AS dengan skor 3-1.

Tiga gol Belanda dilesakkan Memphis Depay (menit 10), Daley Blind (45+1) dan Denzel Dumfries (81). Sedangkan Amerika Serikat hanya mampu memperkecil ketinggalannya melalui aksi Haji Wright (76).

Advertisement

Hasil ini membuat Belanda melangkah ke babak perempatfinal Piala Dunia 2022. Tim besutan Louis van Gaal menjadi tim pertama yang berhasil menginjakkan kakinya di babak tersebut.

Belanda mampu menjaga tren positifnya ketika berhadapan dengan tim non-Eropa. Menurut laporan OptaJohan, Tim Oranye belum terkalahkan dalam 19 laga Piala Dunia terakhir mereka melawan wakil non-Eropa.

Dari total 19 pertandingan tersebut, Belanda sukses mencatatkan kemenangan sebanyak 13 kali, sedangkan enam laga sisanya berakhir imbang. Mereka terakhir kalah di perempfinal Piala Dunia 1994 melawan Brasil (skor 2-3).

Sementara, Memphis Depay masuk dalam dua besar top skor sepanjang sejarah Tim Oranye.

Depay saat ini telah mengumpulkan 43 gol dalam karier internasionalnya. Dirinya mampu mengalahkan Klass Jan Huntelaar (42 gol), Patrick Kluivert (41), serta Dennis Bergkamp dan Arjen Robben (masing-masing 37 gol). Torehan gol Depay hanya kalah dari Robin van Persie (50 gol).

Denzel Dumfries mampu menyumbangkan satu gol dan dua asis melawan Amerika Serikat di babak 16 besar Piala Dunia 2022. Catatan itu membuatnya masuk dalam daftar pemain Belanda yang memberikan kontribusi tiga gol dalam satu pertandingan Piala Dunia.

Sebelumnya, hanya Rob Rensenbrink (dua kali di Piala Dunia 1978) dan Johan Cruyff (Piala Dunia 1974) yang mencatatkan rekor tersebut. Dumfries jadi satu-satunya pemain belakang Timnas Belanda dalam daftar itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ruang Erupsi, Penutupan Operasional Bandara Sam Ratulangi Diperpanjang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement