Advertisement

Messi, Mbappe & Karim Benzema Berebut Gelar Pemain Terbaik Dunia FIFA 2022

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 12 Februari 2023 - 13:57 WIB
Sunartono
Messi, Mbappe & Karim Benzema Berebut Gelar Pemain Terbaik Dunia FIFA 2022 Striker Argentina, Lionel Messi di Piala Dunia 2022 - FIFA

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—FIFA merilis tiga nominasi pemain terbaik untuk tahun 2022. Ketiga pemain itu yakni Lionel Messi, Kylian Mbappe dan Karim Benzema.

Kapten pemenang Piala Dunia Argentina dan penyerang superstar Prancis memimpin daftar tiga pemain yang diumumkan oleh FIFA pada hari Jumat, delapan minggu setelah memimpin tim mereka di final epik di Qatar.

Advertisement

Karim Benzema masuk tiga besar dalam pemungutan suara oleh panel global kapten dan pelatih tim nasional ditambah jurnalis terpilih di masing-masing dari 211 negara anggota FIFA, serta para penggemar yang memberikan suara secara online.

Sementara itu, dalam penghargaan Pemain Wanita Terbaik, Beth Mead dari Inggris, Alex Morgan dari Amerika Serikat dan Alexia Putellas dari Spanyol masuk dalam daftar yang dipilih oleh panel pemungutan suara global yang terpisah. Pemenang akan diumumkan pada upacara 27 Februari di Paris.

BACA JUGA : Karim Benzema Masuk Kelompok Elite Setelah Bawa Madrid

Messi menyisihkan Mbappe untuk Golden Ball yang diberikan oleh FIFA sebagai pemain terbaik di Piala Dunia. Kapten Kroasia Luka Modric menempati posisi ketiga dalam kontes itu. Duel lain diharapkan untuk rekan setim Paris Saint-Germain dengan Messi difavoritkan untuk mendapatkan kemenangan ketujuh dalam hadiah individu tahunan FIFA.

Messi memenangkan enam penghargaan sebelumnya ketika disebut sebagai Pemain Terbaik Dunia FIFA (2009), Ballon d'Or FIFA setiap tahun dari 2010-12 dan sekali lagi pada tahun 2015, kemudian dalam gelar Pria Terbaik FIFA saat ini.

Mbappe membuat daftar pendek untuk pertama kalinya meskipun dia berada di urutan keempat dalam pemungutan suara untuk penghargaan 2018.

Pemain berusia 24 tahun itu berada di urutan keenam, ketujuh dan kedelapan dalam tiga tahun terakhir. Robert Lewandowski memenangkan penghargaan FIFA selama dua tahun terakhir.

Penghargaan Ballon d'Or yang lebih bergengsi yang diselenggarakan oleh majalah France Football dimenangkan pada bulan Oktober oleh Karim Benzema menjelang Piala Dunia. Penyerang Prancis itu melewatkan turnamen karena cedera.

Messi tidak masuk dalam daftar panjang kandidat Ballon d'Or yang diumumkan pada Agustus lalu. Penghargaan Pemain Wanita Terbaik untuk 2021 dimenangkan oleh Putellas dan playmaker Barcelona itu kembali masuk tiga besar meski cedera beberapa hari sebelum Kejuaraan Eropa dan absen di turnamen untuk Spanyol.

Mead memimpin Inggris meraih gelar Euro 2022 sebagai pencetak gol terbanyak turnamen dan dinobatkan sebagai pemain terbaiknya. Morgan, yang berada di urutan kedua dalam pemungutan suara 2019 untuk rekan setimnya Megan Rapinoe, adalah pemain terbaik turnamen tersebut ketika AS memenangkan Kejuaraan CONCACAF W tahun lalu. Dia juga pencetak gol terbanyak bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tok! MK Bacakan Putusan Hasil Sengketa Pilpres pada Senin 22 April Mendatang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement