Advertisement

Berjalan di Luar versus Treadmill, Mana yang Lebih Baik?

Tri Indah Lestari (ST22)
Minggu, 26 Februari 2023 - 04:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Berjalan di Luar versus Treadmill, Mana yang Lebih Baik? Ilustrasi olahraga jalan kaki - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dokter di Weill Cornell Medical College dan New York Presbyterian Dr Keith Roach mengatakan berjalan di atas treadmill dan berjalan kaki di luar ruangan memberikan hasil yang berbeda karena salah satunya menggunakan lebih banyak otot.

“Berjalan di luar ruangan menggunakan otot tambahan dibandingkan dengan berjalan di atas treadmill," kata dia seperti disiarkan Medical Daily belum lama ini.

Advertisement

Roach menambahkan terutama di jalan setapak, karena seseorang perlu memperhatikan posisi meletakkan kakinya serta menggunakan otot untuk mendukung gerakan dari penempatan kakinya.

“Berolahraga di alam adalah pengalaman yang sangat berbeda dari berada di atas treadmill. Atlet elit sering melakukan latihan treadmill, tetapi juga akan melakukan latihan lain, karena berjalan di treadmill benar-benar hanya membantu sekelompok otot yang terbatas," kata dia.

Menurut Harvard Health, treadmill adalah salah satu jenis peralatan olahraga yang paling efektif untuk orang yang mungkin memiliki keterbatasan melakukan olahraga seperti berjalan, berlari, atau berenang.

Baca juga: Gawat! Polusi Udara Bikin Perempuan Osteoporosis

Treadmill lebih bermanfaat bagi orang dewasa yang lebih tua maupun orang yang pulih dari cedera atau operasi yang membantu memperkuat dan meningkatkan keseimbangan serta daya tahan mereka dengan lingkungan latihan yang lebih mudah dikendalikan tanpa repot keluar rumah.

Sebuah studi yang diterbitkan jurnal Neuroscience Nursing menemukan, pasien stroke yang berisiko tinggi mengalami kematian kardiovaskular mendapat manfaat dari peningkatan aktivitas fisik menggunakan treadmill.

Aktivitas fisik dan olahraga teratur diketahui dapat melawan dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Namun sebagian besar pasien stroke dewasa memiliki keterbatasan dalam berolahraga, sehingga treadmill menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Namun, bagi penggemar olahraga dan bertubuh sehat, berjalan di luar ruangan ialah pilihan terbaik. Sebagian besar dokter dan ahli pun setuju jika berjalan di luar ruangan menghasilkan pencapaian yang lebih baik secara keseluruhan terutama dengan tujuan untuk menurunkan berat badan dan latihan kekuatan.

Kegiatan tersebut melibatkan penggunaan lebih banyak kelompok otot daripada diam. Selain itu, lingkungan luar dapat mengurangi stres dan kecemasan seseorang. Aktivitas ini pun sangat dianjurkan bagi orang lanjut usia yang masih mampu berjalan di luar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Terdampak Erupsi Gunung Raung, Bandara Sam Ratulangi Ditutup hingga Minggu

News
| Sabtu, 20 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement