Advertisement

Dimulai Hari Ini, Final Four Proliga 2023 Seri Solo Jadi Puncak Perjuangan Menuju Grand Final

Jumali
Kamis, 09 Maret 2023 - 01:07 WIB
Jumali
Dimulai Hari Ini, Final Four Proliga 2023 Seri Solo Jadi Puncak Perjuangan Menuju Grand Final Ilustrasi Turnamen Bola Voli - Dok

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Final four Proliga 2023 hampir rampung. Pekan ini, tepatnya 9-12 Maret 2023, akan menyelesaikan seri ketiga atau seri pamungkas putaran kedua di Gor Sritex Arena, Solo.

BACA JUGA: Grand Final Proliga 2023 Digelar di Gor Amongrogo

Advertisement

Empat tim putra dan empat putri akan menentukan dua tim putra dan dua putri teratas menuju grand final di Gor Amongrogo, Jogja pada 18 dan 19 Maret 2023 mendatang.

Dua seri dalam dua pekan berturut-turut telah menyelesaikan dua seri final four, putaran satu dan awal putaran dua, masing-masing di dua kota besar, Gresik dan Semarang.

Pekan ketiga ini akan menjadi seri penentu menuju partai puncak. Karena dua tim teratas klasemen akhir akan dipastikan ke grand final. Selain itu, tim teratas di putaran dua ini akan menjadi juara putaran dua.

"Pastinya seri ketiga final four ini akan menjadi puncak persaingan menuju grand final di Yogyakarta," ujar Direktur Proliga, Hanny S. Surkatty, dalam keterangan tertulis, Rabu (8/3/2023).

Oleh sebab itu, lanjut Hanny, setiap laga akan berlangsung seru sekali. Setiap tim ingin meraih kemenangan guna berkeinginan tampil di partai puncak kompetisi yang telah memasuki tahun ke-21 ini.

Di sektor putra, baru juara bertahan Jakarta LavAni Allo Bank yang berpeluang paling besar melenggang ke grand final. Sedangkan satu tim lainnya masih akan diperebutkan antara Jakarta Bhayangkara Presisi dan Jakarta STIN BIN.

LavAni, klub milik Presiden RI ke-6 , Susilo Bambang Yudhoyono itu hanya tinggal membutuhkan satu nilai saja untuk mengamankan posisi ke partai final. Di Solo, LavAni akan menghadapi Bhayangkara, Jumat (10/3/2023) dan partai penutup melawan Jakarta STIN BIN, Minggu (12/3/2023).

Bagi Bhayangkara dan STIN BIN, seri ketiga ini merupakan hidup mati. Keduanya sudah saling berhadapan pada seri kedua, putaran kedua, pekan lalu di Semarang. Hasilnya, Bhayangkara unggul atas STIN BIN dengan skor 3-0. Pada putaran pertama final four, seri pertama di Gresik, dua pekan lalu, STIN BIN mengalahkan Bhayangkara Presisi dengan skor 3-2.

Dari empat tim putra di final four ini hanya Surabaya BIN Samator yang belum meraih kemenangan dari empat laga. Sehingga Rivan Nurmulki dkk. dipastikan gagal melangkah ke final four. Di bagian putri, Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, berada di dasar klasemen. Tim besutan Ayub Hidayat ini baru mengoleksi satu kemenangan dari empat laga. Satu-satunya kemenangan didapat dari Jakarta Pertamina Fastron, saat berlaga di Gresik, dua pekan lalu.

Di Solo, pekan ini, Petrokimia masih memiliki kesempatan untuk tampil di grand final, asalkan dua laga sisa bisa dimenangkan Hani Budiarti dkk. Itupun masih tergantung jika Jakarta BIN dan Pertamina Fastron gagal memetik kemenangan.

Pada pekan ketiga final four ini, Petrokimia harus menghadapi Bank bjb dan Jakarta BIN. Apabila kalah dari satu laga itu, maka runner-up Proliga 2022 dipastikan gagal maju ke partai puncak.

Sementara juara bertahan Bandung Bank bjb Tandamata, sudah memetik tiga kemenangan dari empat laga yang dijalani. Satu kemenangan lagi tim asuhan Alim Suseno ini dipastikan maju ke grand final, Sabtu, 18 Maret 2023 mendatang.

Sedangkan Jakarta BIN dan Pertamina Fastron masih bersaing untuk maju ke grand final. Keduanya memiliki dua kemenangan dan dua kekalahan. Keduanya juga memiliki nilai yang sama yakni enam. Hanya Jakarta BIN memiliki rasio set lebih bagus ketimbang Pertamina Fastron.

Jadwal Lengkap Final Four Proliga 2023 Seri Solo

9 Maret 2023

16.00 WIB: Bandung bjb Tandamata Vs Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia
18.30 WIB: Jakarta STIN BIN Vs Surabaya BIN Samator

10 Maret 2023

16.00 WIB: Jakarta Pertamina Fastron Vs Jakarta BIN
18.30 WIB: Jakarta LavAni Allo Bank Vs Jakarta Bhayangkara Presis

11 Maret 2023

16.00 WIB: Jakarta BIN Vs Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia
18.30 WIB: Jakarta Bhayangkara Presisi Vs Surabaya BIN Samator

12 Maret 2023

16.00 WIB: Jakarta Pertamina Fastron Vs Bandung bjb Tandamata
18.30 WIB: Jakarta LavAni Allo Bank Vs Jakarta STIN BIN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hingga Juni 2024, Baru 18.850 BUMDes Berbadan Hukum

News
| Minggu, 23 Juni 2024, 09:57 WIB

Advertisement

alt

Libur Iduladha, Warung Satai Klathak di Jogja Ini Diserbu Wisatawan

Wisata
| Kamis, 20 Juni 2024, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement