Advertisement

Retegui Tajam Bersama Italia, Mancini Berencana Panggil Oriundi Lain

Andhika Anggoro Wening
Senin, 27 Maret 2023 - 22:47 WIB
Budi Cahyana
Retegui Tajam Bersama Italia, Mancini Berencana Panggil Oriundi Lain Striker Timnas Italia Mateo Retegui - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pelatih Italia, Roberto Mancini berencana memanggil lebih banyak 'Oriundi alias pemain naturalisasi untuk bermain di timnas Gli Azzurri.

Mancini rupanya terkesan dengan penampilan striker Mateo Retegui yang mencetak dua gol dalam dua laga di kualifikasi Piala Eropa 2024. Oriundi adalah pemain yang lahir dan besar di luar negeri dengan nenek moyang mereka berasal dari Italia.

Advertisement

Retegui yang kelahiran Argentina mencetak gol dalam laga debutnya saat Italia kalah 1-2 dari Inggris. Retegui kemudian mencetak gol lagi saat membekuk Malta 2-0.

"Retegui tahu bagaimana memasukkan bola ke gawang dan itu bukan apa-apa," kata Mancini dalam konferensi persnya.

“Itulah yang kami lihat ketika kami memantau dia. Dia masih butuh waktu, dia harus mengenal sepak bola Eropa, tapi dia tahu bagaimana mencetak gol dan itu adalah kualitas yang penting. Ada kritik bahwa Retegui mewakili Italia meski belum bisa berbahasa Italia, dan malam ini dia setidaknya mulai menyanyikan lagu kebangsaan. Dia mencoba, itu sudah bagus. Memiliki Retegui di Serie A akan membuatnya lebih kuat, membantunya mempelajari bahasa dan karenanya berdialog lebih baik dengan rekan satu timnya di lapangan.”

Mancini kemudian ditanya apakah dia berniat memanggil Oriundi untuk membela timnas Italia.

“Ya, itu kemungkinan. Kami memiliki persentase minimum orang Italia yang bermain reguler di Serie A. Jika Anda melihat negara lain, mereka semua melakukannya. Swiss memiliki 15 dari 20 pemain yang merupakan Oriundi. Begitu juga Belgia. Prancis, Jerman, dan Inggris."

"Sampai beberapa tahun yang lalu, kami memiliki banyak pemain yang kuat dan tidak perlu melakukannya. Yang lain melakukannya, sering mengambil pemain yang telah kami bantu untuk berkembang dan menjadi dewasa, jadi sekarang kami akan beradaptasi dan melakukan hal yang sama."

Ada juga pergeseran penerimaan budaya di Italia. Publik Italia mulai benar-benar menganggap mereka yang lahir dan besar di negara itu sebagai orang Italia, seperti terhadap Wilfried Gnonto yang orang tuanya berasal dari Pantai Gading.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jumlah Aliran Dana ke Tersangka Kasus Timah Masih Ditutup Kejagung, Ini Alasannya

News
| Kamis, 30 Mei 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas Mekar Setinggi 3,4 Meter

Wisata
| Minggu, 26 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement